Pelantikan kepala daerah lancar indikator sukses Pilkada 2020

id Pilkada,pilkada,pilkada serentak,pilkada serentak 2020,pilkada 2020,pelantikan kepala daerah

Pelantikan kepala daerah lancar indikator sukses Pilkada 2020

Proses pelantikan kepala daerah serentak tahap pertama hasil Pilkada 2020. ANTARA.

Jakarta (ANTARA) -
Staf Khusus Menteri Dalam Negeri bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga menyebutkan pelantikan secara serentak 178 kepala daerah Jumat, 26 Februari 2021 berjalan lancar dan sukses menjadi indikator suksesnya Pilkada 2020.
 
Kastorius Sinaga di Jakarta mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan oleh masing-masing gubernur berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat, dihadiri oleh maksimal 25 orang undangan, namun dapat disaksikan oleh masyarakat luas karena disiarkan secara virtual.
 
Pelantikan secara serentak dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat tersebut mendapat pemantauan secara cermat dari Kementerian Dalam Negeri.
 
Kastorius Sinaga mengatakan pelantikan kepala daerah merupakan tahapan akhir dari prosesi pilkada. Oleh karena itu, keberhasilan pelantikan secara serentak para kepala daerah ini melengkapi fakta dan indikator sukses.
 
"Bapak Mendagri memantau pelaksanaan pelantikan serentak ke 178 bupati wali kota hari ini untuk memastikan keserentakan, kelancaran serta kepatuhan terhadap prokes COVID-19 pada prosesi acara pelantikan hari ini. Ini adalah gelombang pelantikan serentak pertama hasil Pilkada 2020," tutur-nya.

Baca juga: Ganjar sampaikan pesan Soekarno saat lantik 17 kepala daerah

Baca juga: Gubernur Sulsel melantik 11 kepala daerah
 
Menurut UU Pasal 64 UU Nomor 10 tahun 2016 bupati dan wali kota dilantik di ibu kota provinsi oleh gubernur. Pada pelantikan kali ini, gubernur yang akan melantik tetap berada di ibu kota provinsi sementara bupati, wali kota beserta wakilnya berada di daerah masing-masing.
 
Meskipun ada 207 daerah yang habis masa jabatannya pada Februari 2021, tidak semua kepala daerah-nya dilantik dikarenakan masih ada beberapa daerah yang harus menunggu putusan akhir sengketa PHP hasil pilkada di Mahkamah Konstitusi pada Maret nanti.
 
Kementerian Dalam Negeri menjadwalkan pelantikan tahap kedua pada April, sedangkan pelantikan tahap ketiga pada Juli.

Baca juga: 17 kepala daerah di Jatim dilantik hari ini

Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar