Seleksi masuk madrasah unggulan Kemenag digelar

id Kementerian Agama,Madrasah,Insan Cendekia

Seleksi masuk madrasah unggulan Kemenag digelar

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A Umar. ANTARA/Kementerian Agama.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama menggelar Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) sekolah unggulan Kementerian Agama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) pada 27-28 Februari 2021.

"Karena sistemnya daring, maka para pendaftar bisa memilih lokasi tes. Mereka bisa mengerjakan dari rumah masing-masing atau lokasi lainnya yang ada jaringan internet," kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A Umar, kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan seleksi dilakukan secara daring guna menghindari kerumunan. Seleksi dilakukan dengan berbasis komputer (computer based test/ CBT.

SNPDB digelar serentak pada 23 MAN Insan Cendekia (IC). Di waktu yang sama juga dilakukan seleksi masuk untuk 10 MAN Program Keagamaan (PK) dan dua MA Kejuruan Negeri (MAKN). Terdapat total 17.422 pendaftar SNPDB tahun ini.

Baca juga: Kemenag DKI tegur inisiator acara guru MAN 22 Jakarta Barat

Baca juga: Kemenag DKI sesalkan guru MAN 22 Jakbar ke Yogya jadi klaster COVID-19


"Khusus MAN PK, ada seleksi wawancara yang juga akan dilakukan secara daring, terjadwal dari 26 Februari hingga 1 Maret 2021," katanya.

Hasil SNPDB, kata dia, akan diumumkan pada 16 Maret 2021 melalui www.kemenag.go.id dan emadrasah.kemenag.go.id serta laman masing-masing MAN IC, MAN PK dan MAKN," kata dia.

Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah, Nanik, mengatakan jumlah pendaftar tahun ini mengalami kenaikan dibanding tiga tahun terakhir yang mencapai 17.422 pendaftar

Selanjutnya, tahun 2018/2019 jumlah pendaftar 13.419 siswa. Pendaftar naik menjadi 13.976 pada 2019/2020 dan melonjak lagi ke 17.334 di 2020/2021.*

Baca juga: Tiga tahun mengajar di Riau, guru bahasa Arab dilepas ke Mesir

Baca juga: Beasiswa belajar ke Amerika Serikat diraih pelajar madrasah Pekanbaru

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar