Pasangan Ratna-Suwarti mengalahkan petahana Hendra Gunawan-Mulyana pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas 2020.
Palembang (ANTARA) - Ratna Machmud dan Suwarti mencatatkan sejarah sebagai pasangan bupati dan wakil bupati perempuan pertama di Pulau Sumatera yang turut dilantik bersama lima kepala daerah lainnya di Palembang, Jumat.

Dua srikandi itu dilantik Gubernur Sumsel Herman Deru.

Usai pelantikan, Ratna Machmud mengatakan bahwa pihaknya akan fokus pada pembenahan infrastruktur di desa-desa selama periode 2021—2026.

"Kami punya program 100 hari kerja dengan turun langsung ke kecamatan dan desa terkait apa saja yang dibutuhkan warga Kabupaten Musi Rawas," ujar Ratna.

Baca juga: PDIP Jatim bangga 11 kader dilantik sebagai kepala daerah

Menurut dia, Kabupaten Musi Rawas yang kini berpenduduk 395.570 jiwa membutuhkan gebrakan pembangunan agar potensi daerah dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Dengan turun langsung ke desa-desa, menurut dia, akan lebih efektif menyerap aspirasi masyarakat terhadap pembangunan yang tidak hanya bermanfaat, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan.

Sebelumnya, Ratna Machmud-Suwarti yang diusung Partai Golkar, PAN, dan Gerindra memenangi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas 2020 dengan raihan 112.843 suara atau 51,8 persen.

Keduanya mengalahkan petahana Hendra Gunawan-Mulyana yang meraih 104.620 suara.

"Alhamdulillah, bisa menjadi pasangan kepala daerah perempuan pertama di Sumatera, amanah ini akan kami emban dengan baik," katanya menambahkan.

Baca juga: Pramono Anung hadiri pelantikan putranya sebagai Bupati Kediri

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021