Pakar: Operasi tertib masker harus terus digencarkan

id Operasi,tertib masker

Pakar: Operasi tertib masker harus terus digencarkan

Ahli Epidemiologi Lapangan (Field Epidemiology) Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, dr. Yudhi Wibowo, M.PH. ANTARA/HO-Aspri/am.

Purwokerto (ANTARA) - Ahli Epidemiologi Lapangan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr Yudhi Wibowo mengatakan operasi tertib masker dan penegakkan protokol kesehatan harus terus digencarkan guna meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Operasi yustisi, operasi tertib masker dan penegakkan protokol kesehatan perlu terus dilakukan secara intensif agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Untuk itu dia mengapresiasi langkah dari berbagai instansi seperti TNI/Polri hingga Satpol PP yang terus gencar melakukan operasi tertib masker.

Baca juga: Petugas catat 513 orang langgar protokol kesehatan di Kabupaten Ngawi
Baca juga: Polres Bangka Tengah gencarkan patroli protokol kesehatan COVID-19
Baca juga: Tim operasi yustisi Aceh jaring puluhan pelanggar protokol kesehatan


Dia menyebutkan bahwa upaya tersebut akan sangat efektif bila dilakukan secara rutin dan masif.

Menurut dia penegakan peraturan protokol kesehatan yang disertai dengan pemberian sanksi bagi yang melanggar, akan lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Karena untuk dapat mengubah perilaku individu, di mana dalam hal ini konteksnya adalah penerapan protokol kesehatan, maka pada umumnya yang dibutuhkan adalah tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Terlebih lagi, kata dia, pada saat ini di sejumlah daerah tengah dilaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Untuk mendukung suksesnya PPKM skala mikro maka diperlukan operasi tertib masker dan penegakan protokol kesehatan yang berkesinambungan," katanya.

Dia juga kembali mengatakan bahwa PPKM skala mikro merupakan kebijakan kompromis antara kepentingan kesehatan dan penyelamatan ekonomi.
"Kebijakan ini perlu diimplementasikan secara konsisten dan tegas. Perlu juga langkah untuk tegakkan aturan secara konsisten dan tegas," katanya.

Karena itu dia menilai perlunya para pemangku kebijakan melakukan pendekatan hukum. "Dengan demikian diharapkan akan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan yang ada," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar