BNNP Sulut ajak generasi muda dukung program P4GN

id bnnp sulut,p4gn,antinarkoba

BNNP Sulut ajak generasi muda dukung program P4GN

Kepala BNNP Sulut VJ Lasut memberikan sosialisasi bahaya narkoba (ANTARA/Jorie Darondo) (1)

Manado (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Utara (Sulut) mengajak generasi muda di daerah itu mendukung program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

"Mengharapkan peran serta masyarakat termasuk generasi muda dalam rangka melaksanakan program P4GN," kata Kepala BNNP Sulut Brigjen Pol VJ Lasut saat sosialisasi bahaya narkoba kepada generasi muda, di Manado, Jumat.

Lasut berharap para generasi muda tersebut dapat menjelaskan kepada masyarakat lain dan teman-temannya tentang bahaya narkoba.

Baca juga: BNNP Sulut terapkan dua cara rehabilitasi penyalahgunaan Narkotika

"Usai dari kegiatan ini diharapkan saat pulang dapat membentuk relawan antinarkoba, dan bisa memelopori kelurahan dan desa Bersinar atau Bersih Narkoba," katanya.

Ia mengatakan saat ini narkoba bukan hanya menyasar orang dewasa tetapi juga anak-anak. Berbagai modus dilakukan para bandar dan sindikat untuk menjerat anak-anak dengan narkoba.

"Anak-anak sudah dijadikan sasaran untuk menjadi calon-calon pembeli oleh para bandar dan sindikat. Untuk itu kita harus antisipasi bersama," katanya.

Baca juga: BNN Provinsi Sulut rehabilitasi 75 pengguna narkoba

Ia menambahkan selain itu modus operandi dalam menyebarkan narkoba yang dilakukan para bandar semakin sulit dideteksi.

"Para bandar narkoba bukan hanya menjual tetapi juga merekrut para pengguna, dengan berbagai cara dilakukan para bandar dan sindikat," katanya.

Untuk itu, menurut dia, berbagai langkah dilakukan dalam menanggulanginya seperti melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika di masyarakat, antara lain melalui sosialisasi bahaya narkoba, membuat desa dan kelurahan Bersinar, membuat kampanye perang narkoba, dan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: BNNP Sulut ringkus pengedar ganja antarpulau

Selain itu, melaksanakan rehabilitasi medis, mendorong pecandu narkotika melapor diri untuk rehabilitasi, pemberantasan jaringan narkotika, dan memperkuat jaringan kerja sama internasional penanggulangan narkotika.

,

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar