Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi tenaga atau pekerja publik di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dilanjutkan dengan meresmikan pengoperasian kereta rel listrik (KRL) rute Yogyakarta-Solo, Senin.

Berdasarkan siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Senin, Presiden Jokowi memulai kegiatannya pada hari Senin ini dengan terlebih dahulu bertakziah ke lokasi duka mendiang Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar. Presiden juga ikut menyalatkan jenazah almarhum di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Kepala Negara kemudian mengunjungi Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Di lokasi tersebut, Presiden akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi para pedagang pasar dan para pekerja lain yang dalam kesehariannya biasa beraktivitas di dalam pasar tersebut.

Selanjutnya, Presiden bersama rombongan terbatas akan bergerak menuju Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang jaraknya tak begitu jauh dari Pasar Beringharjo Di lokasi yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan di Kota Yogyakarta tersebut, Kepala Negara juga akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal serupa dengan yang dilakukan di Pasar Beringharjo. Sejumlah pedagang kaki lima, pegawai tokoh, dan para pelaku usaha lokal akan menerima suntikan dosis vaksin COVID-19.

Rangkaian kunjungan kerja Presiden akan diakhiri dengan peresmian pengoperasian kereta rel listrik lintas Yogyakarta-Solo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hadirnya moda transportasi dengan rute tersebut diharapkan akan meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan bertransportasi serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga sekitar, khususnya yang berada di Yogyakarta, Klaten, dan Solo.

Presiden Jokowi dijadwalkan untuk kembali menuju Jakarta pada Senin sore.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Kepala Negara akan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Baca juga: Presiden Joko Widodo bertakziah ke Mendiang Artidjo Alkostar
Baca juga: Presiden Jokowi ke Yogyakarta tinjau vaksinasi dan resmikan KRL

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021