Polda Sumsel siapkan penghargaan untuk satgas penanggulangan karhutla

id satgas karhuitla, penghargaan untuk satgas karhutla, penanggulangan karhutla, antisipasi karhutla di musim kemarau, cegah karhutla di musim kemarau, k

Polda Sumsel siapkan penghargaan untuk satgas penanggulangan karhutla

Kapolda Sumsel Irjen Pol.Eko Indra Heri. ANTARA/Yudi Abdullah.

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiapkan penghargaan bagi anggota satuan tugas gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang bertugas mencegah terjadinya bencana kabut asap, dampak karhutla yang muncul pada setiap musim kemarau.

"Menghadapi musim kemarau tahun 2021, satgas gabungan mulai siaga mencegah terjadinya karhutla, untuk memotivasi mereka lebih semangat menjalankan tugas perlu diberikan penghargaan," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol.Eko Indra Heri di Palembang, Selasa.

Baca juga: Gubernur Sumsel awali suntik vaksin COVID-19 dari wilayah perbatasan

Baca juga: Kapolda Sumsel terima penghargaan tokoh inspiratif tangani COVID-19


Menurut dia, penghargaan pantas diberikan kepada satgas gabungan yang bekerja keras melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan hingga pelosok desa yang sulit dijangkau.

Menurut Kapolda, keberadaan satgas terutama di desa rawan terjadi karhutla berperan besar dalam mengedukasi masyarakat melakukan berbagai tindakan pencegahan dan membantu pengendalian, pemadaman jika terjadi kebakaran pada kawasan hutan atau lahan pertanian dan perkebunan.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru dalam rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pencegahan dan pengendalian karhutla tahun 2021, Senin (1/3), mengharapkan solusi jangka panjang mengatasi karhutla di provinsi yang memiliki kawasan hutan 3,5 juta hektare itu.

Untuk menghadapi musim kemarau tahun ini, tidak hanya disiapkan tindakan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, tetapi perlu dibahas solusi jangka panjang.

Baca juga: Karhutla di Riau dipadamkan dengan helikopter

"Melalui upaya tersebut diharapkan dapat meminimalkan terjadinya karhutla dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dari berbagai hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ujar gubernur.

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar