Jakarta (ANTARA) - Esteban Ocon berharap rekan baru satu timnya Fernando Alonso, meski sudah tak muda lagi, kembali tampil kuat bersama tim Alpine setelah dua tahun vakum dari Formula 1.

Alonso (39) akan menjadi pebalap tertua kedua di grid F1 setelah pebalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen (41).

Juara dunia dua kali asal Spanyol itu bulan lalu menjalani bedah rahang setelah mengalami kecelakaan dengan mobil ketika bersepeda di Swiss sehingga melewatkan sesi peluncuran mobil tim Alpine hari ini.

"Yang telah kita lihat dengan Alonso di Abu Dhabi menunjukkan dia tidak terlihat seperti berusia 39 tahun dan dia tidak membalap layaknya orang berusia 39 tahun," kata Ocon setelah acara peluncuran mobil F1 tim yang dimiliki Renault itu Selasa seperti dikutip Reuters.

"Jadi percaya saya, dia akan siap dan dia akan tampilkan performa pada level teratas. Tidak diragukan lagi dia akan kuat tapi saya akan melakukan yang terbaik untuk melawan dia dan mendorong sekuat saya."

Baca juga: Kampanye mendorong keragaman akan menjadi fokus Hamilton tahun ini

Alonso, mengisi bangku yang ditinggalkan Daniel Ricciardo, memenangi kedua titelnya bersama Renault pada 2005 dan 2006 dan banyak orang yang bekerja bersama dia masih bertahan dengan fasilitas tim di Enstone.

Sejak debut F1 pada 2001, Alonso telah menjuarai 32 Grand Prix, termasuk ketika menjadi pebalap McLaren dan Ferrari.
 


Sementara itu Ocon belum pernah menikmati naik podium teratas selama di F1 dan dia mengatakan Alonso tidak akan mendapatkan perlakuan khusus.

"Dia pastinya seorang juara yang hebat tapi tim ini juga akan mendengarkan saya," kata Ocon.

Baca juga: Mobil F1 2021 Mercedes kembali dibalut livery hitam

"Saya memiliki pengalaman dari mobil tahun lalu, kami tahu bagaimana kami harus mengembangkannya dan pada saat in iFernando mengatakan hal yang sama."

"Dia memberi pendapat dan tidak terlalu berbeda. Tim ini mempercayai saya dari apa yang saya berikan, untuk umpan balik yang saya berikan, apa yang kami ingin raih pada dasarnya. Bukan karena Fernando datang berarti pengembangan akan menuruti dia. Itu bukan kebijakan dari tim ini dan itu akan tetap seperti demikian."

Renault tahun lalu finis peringkat lima klasemen tim dan pada 2021 menjelma menjadi tim Alpine yang merupakan brand mobil sport pabrikan asal Prancis tersebut.

Mobil mereka tahun ini dinamai A521 yang dibalut dengan livery berwarna biru, putih dan merah, merepresentasikan warna bendera Prancis.

Musim balap Formula 1 tahun ini akan dimulai dengan seri pembuka di Bahrain pada 28 Maret nanti.

Baca juga: Chadwick lanjutkan peran sebagai pebalap pengembangan tim Williams

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021