Airlangga: percepatan vaksinasi dapat dorong kepercayaan konsumen

id program vaksinasi,pemulihan ekonomi,aa

Airlangga: percepatan vaksinasi dapat dorong kepercayaan konsumen

Vaksinator menyiapkan vaksin COVID-19 yang akan disuntikkan kepada pekerja sektor pariwisata yang berada di atas kendaraan saat vaksinasi COVID-19 dengan sistem 'drive thru' di Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/2/2021). Layanan vaksinasi dengan sistem 'drive thru' yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan berkolaborasi dengan Grab dan Good Doctor tersebut merupakan layanan pertama yang dihadirkan di kawasan Asia Tenggara guna membantu mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan percepatan program vaksinasi nasional dapat mendorong kepercayaan konsumen dan memulihkan kegiatan ekonomi nasional dalam waktu singkat.

"Dari sisi kesehatan, Pemerintah akan fokus memulihkan kepercayaan konsumen dengan mempercepat vaksinasi," kata Airlangga saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu.

Airlangga didampingi Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kunjungan itu.

Baca juga: Pengamat: Program vaksinasi COVID-19 mesti dimanfaatkan masyarakat

Airlangga mengatakan pemerintah juga akan mengadakan program vaksin gotong royong untuk mempercepat vaksinasi.

Program ini sebagian besar akan dilakukan oleh perusahaan swasta yang akan bertanggung jawab untuk melakukan vaksinasi kepada karyawan, keluarga, dan pihak terkait lainnya.

"Meskipun vaksinasi telah diselenggarakan, kita harus tetap mempertahankan dan menegakkan protokol kesehatan yang ketat atau herd immunity akan sulit dicapai," kata Airlangga.

Baca juga: MUI ajak masyarakat ikut program vaksinasi dan tak termakan hoaks

Dalam kesempatan ini, Airlangga juga menyaksikan pelaksanaan vaksinasi bagi 1.147 pegawai Kemenko Perekonomian yang merupakan implementasi dari program vaksinasi tahap kedua bagi pelayan publik yang disusun Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Kegiatan vaksinasi ini akan dilakukan dalam dua hari yaitu pada Rabu (3/3) dan Kamis (4/3) dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Vaksinasi selanjutnya akan dilaksanakan dua minggu mendatang.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama Kemenko Perekonomian, Kementerian Kesehatan, serta beberapa rumah sakit vertikal seperti Rumah Sakit Persahabatan dan Rumah Sakit Sitanala.

Pewarta : Satyagraha
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar