Piala Menpora tidak ada masalah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 tidak akan terganggu dengan perkara izin keramaian tim nasional U-22 yang membuat laga uji coba kontra Tira Persikabo pada Rabu (3/3) dibatalkan.

"Piala Menpora tidak ada masalah," ujar Zainudin di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Menurut politikus Partai Golkar itu, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto memang sempat mempertanyakan soal dampak pembatalan pertandingan persahabatan tersebut terhadap Piala Menpora 2021 ketika menemui dirinya di Gedung Kemenpora, Kamis.

Baca juga: Laga uji coba timnas Indonesia versus Tira Persikabo batal

Menpora pun menegaskan bahwa selama mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, Piala Menpora akan terus berjalan sesuai rencana.

"Sempat ada kekhawatiran kalau Piala Menpora terpengaruh dengan kejadian semalam, tetapi tidak. Semua tetap berjalan dan sebagaimana disampaikan Ketua Umum PSSI, turnamen pramusim itu akan dibuka di Stadion Manahan, Solo," kata Zainudin.

Seperti diketahui, pertandingan persahabatan timnas U-22 versus Tira Persikabo, yang dijadwalkan berlangsung pukul 20.00 WIB di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu, dibatalkan kurang dari satu jam sebelum sepak mula lantaran izin keramaian Polri belum keluar.

Sementara Piala Menpora 2021 akan digelar pada 21 Maret-25 April 2021.

Baca juga: Undian grup Piala Menpora 2021 pada 8 Maret

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang. Pengundian grup akan dilakukan pada 8 Maret 2021.

Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Polri menjadikan Piala Menpora 2021 sebagai acuan untuk memberikan izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021.

Jika kompetisi itu berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara baik, maka Polri memastikan Liga 1 serta Liga 2 2021 dapat bergulir. Namun, andai hal sebaliknya yang terjadi, izin keramaian untuk liga tidak akan terbit.

Baca juga: PSSI pastikan Piala Menpora 2021 dibuka di Solo

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021