dilakukan isolasi mandiri di pondok
Bantul (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan 34 orang dari salah satu pondok pesantren di wilayah Kecamatan Piyungan dikabarkan terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona berdasarkan hasil tes, Kamis.

"Hari ini sudah dilakukan testing juga terhadap 241 orang di pondok pesantren Piyungan dengan menggunakan rapid antigen, dan ditemukan 34 orang positif," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa dalam keterangan resmi di Bantul, Kamis.

Menurut dia, temuan kasus konfirmasi positif COVID-19 di salah satu lembaga pendidikan agama wilayah Piyungan itu berawal dari ditemukannya dua warga pondok pesantren yang bergejala pada sekitar minggu lalu.

Baca juga: Tren kasus positif COVID-19 harian di Bantul turun

Sri Wahyu yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul itu mengatakan, kemudian mereka melakukan rapid test antigen mandiri dengan hasil positif.

"Dari hasil tersebut kemudian ditindaklanjuti dilakukan tracing (pelacakan) ditemukan sembilan orang lainnya yang bergejala, kemudian dilakukan tes PCR bersama dengan dua orang sebelumnya. Hasilnya 11 orang tersebut positif," katanya.

Dia mengatakan, kemudian pada Kamis ini sudah dilakukan testing juga terhadap 241 orang di pondok pesantren dengan menggunakan metode rapid antigen, dan ditemukan 34 orang positif.

"Rapid antigen ini adalah bagian distribusi dari kementerian yang ditujukan untuk mempercepat tracing, testing, treatment (3T), semua yang dites dan yang sudah konfirmasi dilakukan isolasi mandiri di pondok dengan pemantauan dari puskesmas," katanya.

Baca juga: Menkes ingin strategi 3T digencarkan, kurangi laju penularan COVID-19

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Bantul, kasus konfirmasi positif di Bantul dalam 24 jam terakhir bertambah 82 orang, sehingga data per hari Kamis (4/3) menjadi 8.123 orang.

Sementara untuk kasus konfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh bertambah 88 kasus, sehingga totalnya menjadi 7.178 orang. Sedangkan kasus positif yang meninggal bertambah satu orang, sehingga menjadi 242 kasus kematian.

Dengan demikian, jumlah pasien COVID-19 domisili Bantul yang masih menjalani isolasi di selter maupun sejumlah rumah sakit rujukan saat ini berjumlah 703 orang.

Baca juga: Presiden berharap pariwisata Yogyakarta bangkit setelah vaksinasi
Baca juga: Pelaku usaha akomodasi wisata di Yogyakarta jalani vaksinasi COVID-19

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021