Gol bunuh diri menangkan Tottenham atas Fulham

id liga inggris,tottenham,fulham,bamidele alli,tosin adarabioyo

Gol bunuh diri menangkan Tottenham atas Fulham

Gelandang serang Tottenham Hotspur Bamidele Alli (kanan) melakukan selebrasi bersama Son Heung-min selepas sontekannya berujung gol bunuh diri bek Fulham Tosin Adarabioyo dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Craven Cottage, London, Inggris, Kamis (4/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Clive Rose)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah gol bunuh diri memenangkan Tottenham Hotspur atas Fulham dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris di Stadion Craven Cottage, London, Inggris, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Bek Fulham Tosin Adarabioyo berada di posisi yang tidak tepat ketika sontekan Bamidele Alli membentur badannya dan berbuah gol kemenangan bagi Tottenham.

Kendati menang, Tottenham tak beranjak dari urutan kedelapan klasemen dengan koleksi 42 poin, sedangkan Fulham, yang rentetan lima laga nirkalahnya berakhir, tertahan di zona degradasi menempati peringkat ke-18 dengan 23 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Gareth Bale tegaskan dirinya bahagia sejak kembali ke Tottenham
Baca juga: Mourinho tandaskan masa depan Bale tergantung Real Madrid


Gareth Bale hampir membuka keunggulan Tottenham pada menit ke-10 saat ia menerima umpan silang kiriman Son Heung-min, sayang penyelesaiannya terlalu lemah dan mudah diamankan kiper Alphonse Areola.

Tottenham terus menekan tuan rumah, tetapi eksekusi tendangan bebas Bale masih melambung dan sundulan Harry Kane mengarah tepat ke pelukan Areola.

Pada menit ke-19, Tottenham membuka keunggulan mereka saat Bamidele Alli, yang baru pertama kalinya turun sebagai starting eleven, menyontek umpan tarik Son untuk menjebol gawang Fulham.

Sontekan Alli terlebih dulu mengenai Adarabioyo sehinggga gol itu dianggap sebagai gol bunuh diri.

Fulham berusaha membalas di pengujung babak pertama, tetapi sepakan Mario Lemina melayang tinggi di atas mistar gawang.

Baca juga: Jose Mourinho akui buat keputusan salah dengan Bale dan Alli
Baca juga: Lookman antar Fulham catat kemenangan vital atas Sheffield


Tim besutan Scott Parker memasuki babak kedua dengan intensitas menyerang lebih tinggi dan seharusnya bisa menyamakan kedudukan jika saja kiper Hugo Lloris tak melakukan dua penyelamatan bagus atas sundulan Joachim Andersen dan tandukan Adarabioyo.

Pada menit ke-63 kerja keras Fulham membuahkan hasil ketika Maja melepaskan sepakan kaki kiri ke pojok kanan bawah gawang tak terjangkau upaya penyelamatan Lloris.

Nahas bagi Fulham, VAR merecoki dan wasit David Coote sepakat untuk menganulir gol itu karena Lemina divonis melakukan pelanggaran handball dalam proses serangan.

Enam menit jelang bubaran normal, Tottenham hampir mengunci kemenangan mereka lebih awal jika saja Areola tidak melakukan aksi penyelamatan gemilang atas tembakan Kane yang berusaha menyelesaikan umpan terobosan dari Erik Lamela.

Tottenham mampu menjaga keunggulan mereka hingga peluit tanda laga usai berbunyi, demi meraih kemenangan ketiganya dalam lima pertandingan terakhir.

Kedua tim akan kembali merumput pada Minggu (7/3) akhir pekan ini, saat Tottenham menjamu Crystal Palace dan Fulham bertandang ke Anfield menghadapi Liverpool.

Baca juga: Manchester United petik hasil nirgol beruntun di London
Baca juga: Leicester yang pincang cuma dapat satu poin dari Burnley
Baca juga: 10 pemain Sheffield United jungkalkan Aston Villa

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar