Patriotisme modern itu ya dengan membeli produk Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa membeli produk buatan dalam negeri merupakan sebuah tindakan patriotisme yang patut untuk dilakukan.

"Kita mulai dari cinta produksi Indonesia, bangga buatan Indonesia, beli buatan Indonesia. Jadi, patriotisme modern itu ya dengan membeli produk Indonesia," ujar Menperin kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Presiden: Kembangkan pasar produk nasional dengan Gernas BBI

Menperin menyampaikan industri nasional telah mampu memproduksi berbagai barang yang dibutuhkan masyarakat, mulai dari sepeda, mobil, motor, hingga produk farmasi.

Selain itu, produk-produk petrokimia yang dihasilkan industri dalam negeri juga mampu bersaing di kancah global.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa produk buatan anak bangsa patut diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang di negeri sendiri.

"Jadi, beri kesempatan untuk industri dalam negeri tumbuh dengan catatan sederhana saja, membeli produk dalam negeri itu merupakan sebuah tindakan patriot," ujar Menperin.

Hal yang disampaikan Menperin tersebut sejalan dengan program yang digaungkan Presiden Joko Widodo yakni Bangga Buatan Indonesia.

Bangga Buatan Indonesia merupakan gerakan nasional berbentuk gotong royong untuk menggeliatkan penggunaan produk lokal.

Melalui program tersebut, pelaku usaha baik kecil, mikro, menengah, maupun besar, bersama pemerintah, dan seluruh masyarakat Indonesia diharapkan terlibat dalam program tersebut, sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Baca juga: Mendag Lutfi: Merek lokal akan jadi primadona di mal-mal Indonesia
Baca juga: Menperin ajak masyarakat prioritaskan beli produk dalam negeri

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021