Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan melakukan pengerukan lumpur di Kali Sarua, Kalibata, Kecamatan Pancoran, sebagai salah satu upaya untuk mencegah banjir.

"Pengerukan Kali Sarua segmen Kalibata dilakukan dalam rangka normalisasi kali karena sudah padat lumpur dan menyempit," kata Kepala Satuan Pelaksana Sudin SDA Kecamatan Pancoran Agus Bowo Leksono di Jakarta, Senin.

Pengerukan kali di segmen Kalibata itu dilakukan sepanjang sekitar 1,2 kilometer yang sekaligus merupakan lanjutan pasca-pengerukan Kali Mampang bagian hilir.

Agus menambahkan pengerukan lumpur di kali itu dilakukan dengan mengerahkan dua alat berat jenis AM Ultratex 24 dan AM Ultratex yang dikendalikan dua operator.

Baca juga: Banjir di Jakarta Selatan sudah surut seluruhnya
Baca juga: Tanah longsor timpa sejumlah rumah di Kemang Timur


Dalam kegiatan itu, petugas dengan alat berat selain mengeruk kali 1-1,5 meter juga meratakan dua sisi kali yang kondisinya sudah menyempit oleh gundukan lumpur yang telah mengeras menjadi kembali normal sekitar lima meter.

Ia melanjutkan upaya normalisasi kali itu dilakukan dengan pendalaman dan pelebaran sehingga saat hujan, kali dapat banyak menampung air dan air juga mengalir lancar hingga dapat meminimalisasi genangan.

"Untuk pengerjaan sudah dilakukan sejak awal Februari 2021 dan saat ini pengerukan baru mencapai sekitar 15 persen dan diperkirakan memakan waktu sekitar empat bulan," katanya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021