Mamuju, Sulawesi Barat (ANTARA) - Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Barat, Suhardi Duka, menyatakan, tetap setia kepada Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kami masih patuh dan setia kepada ketua umum DPP Demokrat yang terpilih secara sah dan sesuai konstitusi pada Kongres ke V Partai
Demokrat," kata dia, yang juga anggota DPR mewakili Sulawesi Barat, di Mamuju, Senin.

Baca juga: AHY akan maafkan Moeldoko jika akui kekeliruan ambil paksa PD

Ia mengatakan, KLB yang mengatasnamakan Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, tidak sah dan tidak sesuai konstitusi.

"KLB yang mengatasnamakan Partai Demokrat di Deli Serdang digelar tidak sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat," kata Duka.

Baca juga: AHY temui Mahfud bahas situasi Partai Demokrat

Oleh karena itu ia mengatakan, KLB itu juga menyalahi konstitusi UU tentang Partai Politik.

"KLB itu itu tidak punya dasar hukum, dan kami yakin, pemerintah akan berjalan sesuai aturan dan regulasi yang berlaku, dan tidak akan mengakui KLB tersebut karena digelar inskonstitusional," kata dia.

Baca juga: Demokrat serahkan lima boks bukti dokumen ke Kemenkumham

Menurut dia, tidak ada pengurus DPD Demokrat Sulawesi Barat maupun DPC Partai Demokrat di Sulawesi Barat yang mengikuti KLB yang telah memilih Jenderal TNI (Purnawirawan) Moeldoko sebagai ketua umum secara tidak sah itu.

Ia mengatakan, apabila ada yang mengatasnamakan Partai Demokrat Sulawesi Barat pada acara KLB di Deli Serdang maka akan dilakukan proses hukum karena itu adalah pelanggaran aturan yang berlaku.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021