Saya memiliki kemenangan besar bersama mereka dan kekalahan yang menyakitkan, tetapi di atas semua itu, banyak momen indah dan ajaib - tidak hanya memenangkan Piala Dunia 2014 di Brazil
Jakarta (ANTARA) - Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) telah mengonfirmasi bahwa Joachim Low akan mundur sebagai pelatih tim nasional setelah Piala Eropa (Euro) musim panas ini.

Low telah menangani tim berjuluk Die Mannschaft tersebut sejak menggantikan Jurgen Klinsmann pada 2006.

Ia berhasil memimpin Jerman ke final Euro 2008 dan sukses menjuarai Piala Dunia 2014.

Baca juga: Jurgen Klopp tidak tertarik gantikan Joachim Low di timnas Jerman

Kontrak Low sendiri akan berakhir pada 2022, tetapi ia telah meminta kontraknya diakhiri lebih cepat setelah Piala Eropa 2020 yang dijadwalkan ulang musim panas ini.

"Saya mengambil langkah ini dengan sangat sadar, dengan penuh kebanggaan dan rasa terima kasih yang sangat besar, tetapi pada saat yang sama terus menjadi sangat termotivasi ketika datang ke turnamen Piala Eropa yang akan datang," kata Low, yang dikutip Mirror pada Selasa.

“Suatu kebanggaan, karena itu adalah sesuatu yang sangat istimewa dan kehormatan bagi saya untuk bertugas di negara saya."

"Dan karena saya telah dapat bekerja dengan pesepak bola terbaik di negara ini selama hampir 17 tahun dan mendukung mereka dalam perkembangan mereka."

"Saya memiliki kemenangan besar bersama mereka dan kekalahan yang menyakitkan, tetapi di atas semua itu, banyak momen indah dan ajaib - tidak hanya memenangkan Piala Dunia 2014 di Brazil," tambah berusia 61 tahun itu.

"Saya akan tetap berterima kasih kepada DFB, yang selalu memberi saya dan tim lingkungan kerja yang ideal."

Low telah menjadi bagian penting dari strategi DFB sejak awal ia bergabung dengan tim nasional sebagai asisten pelatih Klinsmann pada 2004.

"Saya masih merasakan keinginan tanpa syarat serta energi dan ambisi yang besar untuk Kejuaraan Eropa mendatang," ucapnya.

Baca juga: Direktur timnas Jerman tetap dukung Joachim Low usai dibantai Spanyol

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat fans kami senang dan sukses di turnamen ini. Saya juga tahu bahwa ini berlaku untuk seluruh tim."

Sejumlah spekulasi sudah bermunculan terkait siapa yang bisa menggantikan Low sebagai pelatih Jerman selanjutnya, dengan pelatih Liverpool Jurgen Klopp dianggap sebagai kandidat ideal DFB.

Namun, ia memiliki kontrak di Liverpool hingga 2024, dan meski tertarik menjadi bos tim nasional, ia belum menunjukkan tanda-tanda untuk meninggalkan Anfield dalam waktu dekat.

Pelatih Bayern Muenchen Hansi Flick, sebelumnya asisten Low, adalah kandidat lainnya, tetapi diragukan bakal meninggalkan Allianz Arena.

Presiden DFB Fritz Keller mengatakan Federasi Jerman tidak akan tergesa-gesa untuk mencari pengganti Low.

"Saya sangat menghormati keputusan Joachim Low. DFB tahu apa yang ia miliki di Jogi (Low), ia adalah salah satu pelatih terhebat di dunia sepak bola," demikian kata Keller.

"Jogi Low memimpin sepak bola Jerman yang tiada duanya selama bertahun-tahun. Bukan hanya karena prestasi olahraganya, tetapi juga karena empati dan kemanusiaannya."

Baca juga: Harapan Mueller untuk tampil di Olimpiade Tokyo digagalkan DFB
Baca juga: Ozil tutup pintu kembali ke timnas Jerman

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021