Jakarta (ANTARA) - Makanan yang masuk ke tubuh akan menentukan bagaimana kualitas hidup dan kesehatan seseorang baik itu laki-laki atau perempuan.

Makanan sehat tertentu bermanfaat bagi kesehatan wanita, membantu mengelola penyakit seperti diabetes, kanker payudara, dan penyakit jantung. Makanan jenis khusus juga dapat memperkuat tulang, memperkuat sistem kekebalan, dan melindungi kulit.

Seperti yang diungkap oleh para peneliti bahwa wanita perlu fokus pada nutrisi tertentu untuk menjaga kesehatan dan memerangi masalah kesehatan wanita yang paling umum melalui berbagai tahap penuaan.

Baca juga: Kurangi asupan makanan olahan demi sehat, ini yang bisa Anda lakukan

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, cukupi nutrisi agar HIV tak berkembang jadi AIDS


Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh para wanita, seperti dilansir Boldsky, Rabu.

Tomat

Tomat adalah salah satu makanan tersehat untuk kesahatan wanita. Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen, yang melindungi DNA dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker payudara, endometrium, paru-paru, perut, dan prostat.

Kenari

Ini mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3, dan telah ditemukan bahwa mengunyah hanya dua ons kenari sehari akan membantu meningkatkan aliran darah ke dan dari jantung hanya dalam 8 minggu.

Jumlah yang sama juga memiliki kapasitas untuk memperlambat perkembangan kanker payudara. Efisiensi kenari dalam mencegah penyakit jantung koroner telah dikonfirmasi oleh beberapa penelitian.

Pisang

Penelitian menunjukkan risiko wanita terkena stroke meningkat setelah menopause karena penurunan kadar estrogen. Pisang tinggi kalium dan rendah natrium. Mereka dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi dari serangan jantung dan stroke

Baca juga: Enyahkan kena sakit jantung saat muda, jauhi rokok hingga diet sehat

Baca juga: Pakar gizi ingatkan pentingnya Program Isi Piringku untuk kesehatan


Bayam

Makan lebih banyak makanan prebiotik seperti bayam akan membantu mencegah flare-up seperti alergi, diabetes gestasional, infeksi vagina, dan penambahan berat badan berlebih.

Makanan ini mengandung sulphoquinovose, sumber makanan untuk kutu usus, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh.

Daun Jelatang

Jelatang adalah sumber zat besi dan kaya asam folat nabati. Jelatang juga mengandung vitamin K yang membantu Anda dalam mengatasi anemia akibat menstruasi yang berat. Anda bisa membuat teh menggunakan ramuan jelatang dan tidur setidaknya 30 menit setelah mengonsumsinya.

Paprika Merah

Paprika merah adalah sumber vitamin C terbaik dan bermanfaat untuk kulit dan kekebalan tubuh. Makan lebih banyak paprika merah dapat membantu mengurangi kerutan dan kekeringan pada kulit. Menambahkan vitamin C dalam jumlah cukup ke dalam menu makanan akan membantu melindungi Anda dari masuk angin atau flu.

Bit

Buah Bit adalah sumber pigmen betalain yang unik, yang telah terbukti menunjukkan sifat antioksidan, anti-inflamasi dan kemopreventif yang kuat. Buah bit mengandung betaine yang membantu melawan peradangan dan meningkatkan metabolisme. Ini juga meningkatkan kadar serotonin dan membantu meningkatkan mood.

Kayu manis

Jika keluarga memiliki riwayat Alzheimer maka Anda harus sangat memperhatikan pola makan untuk meminimalkan risikonya. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan kayu manis ke dalam makanan.

Kayu manis mengandung proanthocyanin dan cinnamaldehyde yang membantu menghambat pembentukan protein penyebab Alzheimer. Selanjutnya, itu juga memoderasi lonjakan kadar gula darah.

Lentil

Mengkonsumsi lentil sekali seminggu dapat membantu menyeimbangkan kadar gula, membantu pemeliharaan berat badan, dan memiliki senyawa pencegah kanker.

Labu

Tambahkan labu ke dalam makanan Anda untuk kesehatan mata yang lebih baik. Dalam bentuk beta-karoten, vitamin A yang ada dalam labu dapat membantu meningkatkan penglihatan dan memperlambat masalah penglihatan terkait usia.

Salmon

Salmon kaya akan kandungan omega-3 dan asam lemak anti-inflamasi yang dapat menurunkan kemungkinan seseorang meninggal akibat penyakit jantung hampir 33 persen. Ini juga membantu mengurangi kemungkinan radang sendi.

Daging sapi tanpa lemak

Salah satu sumber zat besi terbaik untuk wanita pramenopause adalah daging sapi tanpa lemak, ini dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh jika dikonsumsi seminggu sekali.

Roti gandum utuh

Makan lebih banyak makanan kaya serat dapat mengurangi risiko kanker payudara. Ini mengurangi kadar estrogen dalam darah, yang terkait dengan pembentukan perkembangan kanker payudara. Sepotong roti utuh dapat menyediakan hingga 6 gram serat.

Baca juga: Alternatif makanan baru untuk penganut gaya hidup sehat

Baca juga: Batasi makanan berminyak sebelum vaksin

Baca juga: Mengenal beras bambu dan manfaatnya bagi kesehatan


 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021