BMKG ingatkan potensi hujan lebat disertai angin di beberapa daerah

id BMKG,Prakiraan cuaca,peringatan dini BMKG,aa

BMKG ingatkan potensi hujan lebat disertai angin di beberapa daerah

Suasana cuaca ibukota Jakarta diselimuti awan hitam mendung yang berpotensi hujan. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pd/aa.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang mulai dari sebagian wilayah Pulau Jawa dan Kalimantan pada Kamis.

Dalam peringatan dini cuaca yang diakses di laman bmkg.go.id tersebut, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan.

Kemudian Jambi, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Papua, dan Papua Barat.

Khusus wilayah DKI Jakarta, BMKG memperingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan disertai kilat atau petir wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada malam hari.

Sementara di Jawa Barat, potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi hampir merata seperti wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Ciamis, Indramayu, Majalengka, Cianjur, Bandung, Garut, Kota Banjar, Pangandaran, Kuningan, Sumedang, Cirebon dan Cimahi pada siang hingga malam hari.

Adapun Kalimantan berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat terutama di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Khusus untuk Kalimantan Barat, BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada peningkatan suhu dan penurunan kelembaban udara yang dapat memicu potensi mudahnya kebakaran hutan/lahan.

BMKG juga memperingatkan terdapat beberapa daerah yang berpotensi mengalami banjir dalam periode hari ini sampai 12 Maret 2021 untuk daerah yang masuk kategori waspada, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

 

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar