Legislator nilai pertemuan Anies-Luhut langkah baik untuk sinergitas

id Fraksi Gerindra DKI,Pertemuan Anies-Luhut,Sinergi Pemprov-Pempus,Syarif,Luhut Binsar Pandjaitan,Anies Baswedan,Kepulauan seribu,TransJakarta

Legislator nilai pertemuan Anies-Luhut langkah baik untuk sinergitas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam pertemuan di Jakarta, Rabu (10/3/2021). ANTARA/Instagram @luhut.pandjaitan/aa.

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Syarif menilai pertemuan Gubernur Anies Baswedan dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai langkah yang baik untuk membangun sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.

"Pertemuan itu langkah baik untuk bangun sinergi antar pemerintah. Yang persoalan pusat dan daerah dimana pun punya masalah, bukan di Ibu Kota saja," kata Syarif di Jakarta, Jumat.

Menurut Syarif, pertemuan antara Anies dengan pejabat pusat itu bukan hanya sekali, tapi sudah sering dilakukan, hanya saja memang tidak dipublikasikan.

"Orang bilang sudah mulai mesra. Ya terserah, saya sambut gembira kemesraan itu kayak lagu Iwan Fals, jangan cepat berlalu," ujarnya.

Dengan koordinasi yang baik bersama pemerintah pusat,  Syarif berharap persoalan di Jakarta, seperti banjir, tata ruang dan transportasi bisa cepat diselesaikan. "Kan itu masalah klasik," ujarnya.

Menurut Syarif, permasalahan di Jakarta sebagian besar harus ditangani pemerintah pusat karena juga termasuk lintas wilayah. Pemerintah DKI tidak bisa mengintegrasikan kebijakan yang menjadi kewenangan di kawasan Bogor dan Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

Baca juga: Anies temui Luhut bahas tiga masalah utama Jakarta
Baca juga: Gubernur dan Wagub DKI diskusikan perkembangan COVID-19 dengan Luhut


Sebagai contoh, kata dia, Pemerintah DKI punya kemampuan untuk menyediakan bus TransJakarta di kawasan Bogor hingga Bekasi saat ini, namun karena terbentur kewenangan tidak bisa dilakukan.

"Warga Bekasi kerja di Jakarta, tapi karena enggak ada kendaraan ke sana, TransJakarta, dia pakai kendaraan pribadi, itu yang mau diatasi," kata legislator dari Fraksi Partai Gerindra itu.

Anies Baswedan menemui Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Rabu (10/3). Dalam pertemuan yang diadakan di kantor Luhut, Anies menyatakan permohonan dukungan pemerintah terhadap beberapa persoalan di Jakarta.

"Pak Anies sampaikan kepada saya bahwa beliau meminta dukungan pemerintah pusat terkait tiga hal yang jadi permasalahan utama Pemprov DKI," ujar Luhut melalui akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Rabu (10/3).

Pertama, Anies minta dukungan terkait pengendalian banjir di Jakarta yang disebabkan tiga hal, yaitu rob, tanggul dan sungai. Kedua, Anies minta saran Luhut terkait pengembangan transportasi.

Ketiga, Anies Baswedan minta dukungan pengembangan pariwisata di Jakarta dan Luhut mengatakan untuk mengembangkan hal ini pihaknya akan memfokuskan pada pengembangan kawasan Kepulauan Seribu.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar