Timika (ANTARA) - Ratusan prajurit TNI yang bertugas di berbagai kesatuan di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, sudah divaksinasi COVID-19 dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya di Timika, Senin, mengatakan prajurit yang sudah melaksanakan vaksinasi COVID-19 di lingkungan Kodim Mimika sebanyak 212 orang, sementara sisanya yaitu 50 orang akan menyusul menerima suntikan vaksin Sinovac.

"Total ada 262 prajurit Kodim Mimika yang harus mengikuti vaksinasi COVID-19. Sekarang tinggal 50 orang yang belum divaksinasi karena sedang mengikuti pendidikan dan sedang tugas di Kokonao dan Potowayburu," kata Letkol Yoga.

Menurut Dandim Mimika, ke-50 prajurit tersebut akan diikutkan saat vaksinasi bagi anggota Polri yang bertugas di Batalyon B Brimob Polda Papua di Timika dalam waktu dekat.

Baca juga: Panglima TNI pimpin Serbuan Vaksin Covid-19 prajurit di Malang Raya

Baca juga: Kapolri-Panglima TNI saksikan penyuntikan vaksin COVID-19 di Palembang


Khusus untuk di lingkungan TNI AD, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dipusatkan di Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) TNI AD kompleks Koramil Timika dan Klinik Kesehatan Batalyon Infantri 754/Eme Neme Kangasi Kostrad.

Adapun program vaksinasi COVID-19 di jajaran Pangkalan TNI AL Timika juga sudah mulai dilakukan, dimana hingga saat ini terdapat 97 orang prajurit telah divaksinasi COVID-19.

"Sebagian besar prajurit kami sudah disuntik vaksin COVId-19. Masih tersisa 15 orang yang belum bisa karena alasan kesehatan, ada juga yang masih melaksanakan dinas di luar," kata Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Deni Indra Murdianto.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lingkungan Lanal Timika ditangani oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Pasar Sentral Timika.
Sejumlah prajurit TNI di Timika menerima suntikan Vaksin Sinovac yang dilaksanakan di Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) TNI AD di Kompleks Koramil Timika. (ANTARA/Evarianus Supar)

Sementara di lingkungan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika, vaksinasi COVID-19 baru diterima oleh Letkol Penerbang Suronno bersama delapan orang petugas kesehatan di Klinik Kesehatan TNI AU Timika.

Adapun 109 prajurit Pangkalan TNI AU Timika baru menerima vaksinasi COVID-19 pada Senin siang ini.

Hingga saat ini jumlah pelayan publik, khususnya untuk anggota TNI dan Polri yang telah divaksinasi di Mimika sebanyak 705 orang untuk suntikan dosis pertama dari target sebanyak 1.067 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra menyatakan setelah vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan selesai, maka sejak 8 Maret lalu program vaksinasi COVID-19 akan dilanjutkan kepada pelayan publik, dimana untuk tahap pertama diberikan kepada prajurit TNI dan Polri yang diperkirakan berjumlah sekitar 3.000 orang.

Khusus untuk anggota Polri di Mimika, vaksinasi COVID-19 akan dimulai, pada Rabu (17/3), yaitu untuk jajaran Polres Mimika akan dipusatkan pada Klinik Tribrata kompleks Pasar Lama Timika, sementara untuk Batalyon B Brimob Polda Papua dan Satgas Nemangkawi dan Satgas Pam Rahwan akan dilaksanakan di Mako Brimob Batalyon B Polda Papua oleh juru vaksin terlatih dari Dinkes Mimika.*

Baca juga: Menkes gandeng TNI-Polri percepat vaksinasi

Baca juga: Kodim 0504/Jaksel lakukan vaksinasi bagi 457 personel TNI

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021