Jakarta (ANTARA) - Pelatih Kiper Madura United Hendro Kartiko memastikan anak asuhnya siap diturunkan dalam turnamen Piala Menpora 2021.

Klub yang bermarkas di Pulau Garam itu mempunyai tiga kiper andalan, yakni Muhammad Ridho, Muhammad Ridwan, dan Fawaid Ansory.

"Ketiga kiper ini sudah siap," tegas mantan kiper Persija Jakarta itu dalam laman resmi klub, Selasa.

Menurut Hendro, saat ini hanya tinggal menentukan siapa yang akan diturunkan dalam setiap pertandingan Piala Menpora, namun kiper yang akan dimainkan akan ditentukan dari lawannya.

"Jadi kami hanya menunggu perintah dari head coach," kata Hendro.

Mengenai penentuan kiper yang paling siap menjadi starter, Hendro mengaku selalu melihat aspek yang dimiliki pemain karena peran penjaga gawang dalam sebuah permainan sepak bola adalah posisi yang paling sulit.

Baca juga: Mantan bek Borneo perkuat PSM dalam Piala Menpora

Selain harus menjaga gawang agar tidak kebobolan, kiper juga ditentukan untuk menjadi komando lini pertahanan, bahkan penjaga gawang harus mampu membantu membangun serangan tim dari sektor pertahanan, kata Hendro.

Pelatih berusia 47 tahun itu membeberkan bahwa dalam pemilihan penjaga gawang utama dibutuhkan penilaian dalam beberapa aspek, mulai fisik, teknik, hingga mental.

"Jadi, sekarang hanya tinggal menentukan siapa yang akan diturunkan karena harus menentukan lawannya dan menentukan strateginya," tambah dia.

Pelatih asal Banyuwangi itu menilai ada aspek lain yang krusial dalam menentukan penjaga gawang dalam satu pertandingan, yakni mental bertanding, yang dapat membantu aspek-aspek pendukung lainnya.

"Dan mental ini yang paling penting dan sangat mendukung," pungkas Hendro.

Pada Piala Menpora, Laskar Sape Kerrab  akan bermain di Bandung dalam Grup C bersama Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, dan PSS Sleman.

Baca juga: Pelatih ingin Boaz gabung PSM Makassar

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021