Kemarin, fatwa vaksinasi saat puasa hingga bibit vaksin Merah Putih

id humaniora,MUI,Lipi,Jokowi,Kemenkes,Kemenaker

Kemarin, fatwa vaksinasi saat puasa hingga bibit vaksin Merah Putih

Ilustrasi: Awak media mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Hall Basket Senayan, Jakarta, Selasa (16/3/2021). Vaksinasi dosis kedua COVID-19 yang diikuti lebih dari lima ribu awak media se-Jabodetabek tersebut berlangsung hingga 17 Maret 2021. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Selasa (16/3) kemarin yang masih menarik dan layak untuk dibaca Rabu pagi ini, di antaranya MUI mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi tak membatalkan puasa hingga bibit vaksin Merah Putih akan diserahkan pada awal 2022.

Berikut berita-berita tersebut

1. MUI keluarkan fatwa vaksinasi tak membatalkan puasa

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi tak membatalkan puasa, setelah diputuskan melalui rapat pleno membahas pelaksanaan vaksinasi COVID-19 saat Ramadhan, Selasa.

"Pemerintah dapat melakukan vaksinasi COVID-19 pada saat bulan Ramadhan untuk mencegah penularan wabah COVID-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa. Vaksinasi COVID-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa," ujar Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh.

2. Kemenkes: Tidak mungkin pemerintah distribusikan vaksin bermasalah

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah tidak mungkin mendistribusikan vaksin COVID-19 yang bermasalah kepada rakyat.

"Vaksin COVID-19 yang disuntikkan sudah melalui uji kelayakan dan keamanan," kata Siti.

3. Menaker dorong calon pekerja migran dapat kuota Kartu Prakerja

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengusahakan agar calon pekerja migran Indonesia (CPMI) yang akan bekerja ke luar negeri mendapatkan kuota untuk pelatihan lewat Program Kartu Prakerja.

"Keinginan kami untuk mendapatkan alokasi atau kuota bagi CPMI belum terpenuhi, dan kami dijanjikan Pak Menko Perekonomian bisa dimungkinkan di semester kedua Tahun 2021," kata Menaker.

4. Presiden minta masyarakat Bali tetap waspada meski vaksinasi dimulai

Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat Bali tetap waspada terhadap COVID-19 meski vaksinasi sudah dimulai.

"Kita harus berbicara apa adanya, masih memerlukan tahapan-tahapan menuju ke sebuah situasi yang normal dan kita harapkan semuanya tetap masih pada posisi waspada," kata Presiden Joko Widodo di lokasi vaksinasi massal di Puri Saren Agung, Kabupaten Gianyar, Bali.

5. LIPI targetkan menyerahkan bibit vaksin Merah Putih pada awal 2022

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menargetkan akan menyerahkan bibit vaksin (seed vaccine) Merah Putih ke industri atau pabrik vaksin pada awal 2022.

"Yang akan diserahkan ke industri adalah klon sel mamalia yang memenuhi standard cGMP (current Good Manufacturing Practice atau Cara Pembuatan Obat yang Baik)," kata Kepala Laboratorium Rekayasa Genetika Terapan dan Protein Desain LIPI Wien Kusharyoto

Baca juga: Kementerian BUMN akan buka sentra vaksin kota lain percepat vaksinasi
Baca juga: Pemerintah imbau masyarakat tetap jaga kesehatan meski ada vaksin
Baca juga: Kominfo ingatkan tidak unggah sertifikat vaksinasi ke medsos

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar