Waka Komite I DPD-Dirjen Bimas Buddha bahas pembangunan Wihara Tarakan

id Dpd,WIHARA TARAKAN,UMAT BUDDHA

Waka Komite I DPD-Dirjen Bimas Buddha bahas pembangunan Wihara Tarakan

Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Utara, Fernando Sinaga menggelar pertemuan dengan Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI, Calliadi membahas pembangunan vihara di Tarakan. ANTARA.

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) yang berasal dari Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Fernando Sinaga menggelar pertemuan dengan Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Calliadi membahas pembangunan wihara di Tarakan.
 
Fernando dalam rilisnya di Jakarta, Jumat, mengatakan dia dan Calliadi membahas tentang pembangunan rumah ibadah wihara bagi masyarakat Kaltara penganut agama Buddha di Kota Tarakan, Kaltara.
 
Fernando menjelaskan, proses pembangunan Wihara Parama Sinar Borobudur ini sesungguhnya sudah bertahun-tahun lamanya, sehingga membutuhkan bantuan negara dan pemerintah untuk mempercepat berdirinya rumah ibadah wihara, agar umat Buddha di Kaltara dapat dengan nyaman dan aman melaksanakan ibadah.
 
“Ada sekitar 15 ribu warga Kaltara menganut agama Buddha. Problem agama minoritas seperti umat Buddha ini adalah susahnya mendirikan rumah ibadah," kata dia.
 
Karena itu, lanjutnya, dukungan dari semua pihak termasuk negara, dalam hal ini pemerintah, sangatlah dibutuhkan.
 
"Saya mengapresiasi dukungan kebijakan dari Dirjen Bimmas Buddha Kemenag yang berkomitmen akan membantu percepatan pembangunan wihara di Kota Tarakan, Kaltara," kata Fernando yang juga anggota Badan Pengkajian MPR RI ini.
 
Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Dirjen Bimmas Buddha Kemenag Calliadi kepada Fernando menjelaskan, pemerintah melalui Kemenag akan mengusahakan memberikan bantuan bagi pembangunan wihara di Kota Tarakan pada 2021 ini.
 
Namun, menurut Calliad, jika tidak bisa pada 2021 ini, maka dirinya memastikan pembangunan Wihara Parama Sinar Borobudur di Kota Tarakan, Kaltara akan menjadi prioritas untuk diberikan bantuan pada tahun anggaran 2022.
 
“Kami dari Kemenag akan mengawal pembangunan Wihara Parama Sinar Borobudur ini sampai selesai," kata Dirjen Bimmas Buddha Kemenag.
 
Wihara Parama Sinar Borobudur ini berlokasi di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kaltara.
Baca juga: Biksu Bhadra Ruci tegaskan Candi Borobudur tempat suci umat Buddha
Baca juga: Umat Buddha tak rayakan Waisak di Mendut-Borobudur cegah COVID-19

Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar