Pemkot Jakpus minta perbaikan CCTV di RPTRA karena banyak yang rusak

id CCTV,RPTRA,sudin kominfotik,pemkot jakpus

Pemkot Jakpus minta perbaikan CCTV di RPTRA karena banyak yang rusak

Petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman memasang sepanduk penutupan kawasan Taman Menteng, Jakarta, Jumat (25/12/2020). Guna mengendalikan penyebaran COVID-19 saat libur natal dan tahun baru Pemprov DKI Jakarta melakukan penutupan sejumlah RPTRA/RTH serta melakukan pembatasan ketat di sejumlah wilayah seperti terminal dan pusat perbelanjaan pada 25 Desember 2020 dan 31 Desember 2020, dan 1 Januari 2021. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi meminta agar Suku Dinas Komunikasi Informatika (Sudin Kominfotik) melakukan perbaikan terhadap televisi sirkuit tertutup (closed circuit television/ CCTV) di ruang terpadu ramah anak (RPTRA) karena banyak yang mengalami kerusakan.

Sebelumnya, Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Pusat melaporkan sejumlah CCTV di RPTRA mengalami kerusakan karena kurangnya perawatan, terutama selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Jakpus perketat penerimaan petugas RPTRA

"Sudin Kominfotik Jakpus jangan lepas tanggung jawab terhadap perawatan CCTV. Begitu juga dengan Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP)," kata Irwandi di Jakarta, Jumat.

Irwandi menjelaskan salah satu penyebab kurangnya perawatan CCTV ini karena anggaran yang lebih difokuskan pada pencegahan dan penanganan COVID-19.

Baca juga: Sudin PPAPP Jakpus latih petugas RPTRA untuk cegah kekerasan anak

Oleh karena itu, ia berharap pada tahun ini,  anggaran untuk perawatan CCTV kembali dialokasikan melalui Sudin PPAPP melalui koordinasi dengan Sudin Kominfotik.

Sementara itu, Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Pemerintah Kota Jakarta Pusat M. Fahmi mengatakan banyak CCTV yang rusak di sejumlah RPTRA Jakarta Pusat.

Baca juga: Sudin PPAPP Jakpus siapkan perekrutan baru untuk petugas di RPTRA

Namun demikian, ia tidak merinci lokasi RPTRA tersebut. Ada pun jumlah RPTRA yang berlokasi di Jakarta Pusat mencapai 50 titik, sementara 10 di antaranya mengalami kerusakan CCTV.

"Domainnya  ada di Diskominfotik dan sudah kita laporkan ke Sudin Kominfotik Jakarta Pusat. Kurang lebih ada 10 RPTRA yang CCTV-nya rusak," kata dia.

Fahmi menambahkan bahwa dalam waktu dekat, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma segera meninjau lokasi RPTRA yang mengalami kerusakan CCTV.

 

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar