yang pertama harus dibangun adalah ekosistem ultra mikro, karena langkah awal orang masuk lini usaha adalah sektor ultra mikro
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menilai pentingnya pembangunan ekosistem ultra mikro sebagai upaya keberpihakan kepada pelaku UMKM.

"Sebagai upaya keberpihakan terhadap UMKM maka yang perlu kita bangun adalah sebuah ekosistem, ekosistem ultra mikro," ujar Misbakhun dalam seminar daring di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan bahwa kalau bicara tentang UMKM, lapisan UMKM itu banyak sekali. Mulai dari lapisan pelaku usaha yang feasible namun unbankable kemudian sistem perbankan Indonesia yang benar-benar mengutamakan banyak prosedur formal, mengingat bisnis perbankan merupakan bisnis yang penuh risiko tapi tetap juga harus mengedepankan kehati-hatian.

"Kita ingin menyampaikan bahwa yang pertama harus dibangun adalah ekosistem ultra mikro, karena langkah awal orang masuk lini usaha adalah sektor ultra mikro," katanya.

Dalam ultra mikro ini biasanya yang dibangun adalah ekosistemnya. Ekosistem ultra mikro yakni masuknya inisiasi-inisiasi individual masyarakat untuk masuk ke dalam kewirausahaan.

Tahap awal yang harus dikembangkan adalah lini ultra mikro, terutama ekosistemnya dan perkembangannya berasal dari kearifan sosial masyarakat.

Kewirausahaan pada tingkat ultra mikro seperti inilah yang kemudian menjadi penopang kehidupan dan ekonomi nasional. Kecil tapi jumlahnya sangat banyak.

Dalam paparannya, Misbakhun menyampaikan bahwa ekosistem ultra mikro bertujuan untuk memajukan Indonesia dengan memperluas jangkauan, memperdalam layanan dan memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan.

Segmen mikro dan ultra mikro menyumbang sekitar 64 persen dari jumlah usaha di Indonesia, namun belum menjadi target utama sebagian besar lembaga keuangan formal. Hanya BRI, Pegadaian, dan PNM yang memiliki model bisnis khusus untuk segmen mikro dan ultra mikro.

Ekosistem ultra mikro yang dibentuk melalui integrasi BRI, Pegadaian dan PNM bertujuan mendukung visi pemerintah dalam memberdayakan usaha ultra mikro, mempercepat laju inklusi keuangan dan pembiayaan berkelanjutan.

Baca juga: Erick Thohir ungkap target dan harapan holding ultra mikro
Baca juga: Teten sebut holding BUMN ultra mikro permudah UMKM naik kelas
Baca juga: BI menaruh harapan besar atas rencana "holding" BUMN ultra mikro

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021