Tentunya dari staf operasi akan membuat perencanaan Operasi Ketupat 2021, bagaimana pengamanannya nanti disesuaikan dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi
Jakarta (ANTARA) - Mabes Polri menyiapkan pengamanan Operasi Ketupat dalam rangka perayaan Idul Fitri 2021 yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang tidak melarang adanya mudik lebaran.

"Tentunya dari staf operasi akan membuat perencanaan Operasi Ketupat 2021, bagaimana pengamanannya nanti disesuaikan dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menhub: Prinsipnya pemerintah tidak melarang mudik Lebaran tahun ini
Baca juga: Satgas sebut libur panjang kerap disertai peningkatan jumlah kasus


Menurut Rusdi, pihaknya tengah menunggu regulasi pemerintah terkait panduan mudik lebaran di masa pandemi.

Polri, lanjut dia, siap mengadopsi aturan tersebut yang disesuaikan dengan fungsi pengamanan Polri pada pelaksanaan Operasi Ketupat.

"Itu menjadi hal yang diperhatikan oleh Polri dalam pengamanan mudik 2021," kata Rusdi.

Rusdi menambahkan, jajaran Polri siap mengadopsi aturan pemerintah terkait mudik lebaran pada Operasi Ketupat.

"Kami lihat kebijakan pemerintah nanti tentunya Polri akan mengadopsi itu semua dalam penanganan operasi ketupat," ujar Rusdi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajarannya untuk mempersiapkan Operasi Ketupat agar pelaksanaan Idul Fitri aman dan terkendali di masa pandemi.

Hal itu disampaikan Kapolri saat membuka Rakernis Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Tahun 2021 di Bandung, Selasa (16/3).

Operasi Ketupat adalah sebutan dari kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk mengamankan jalur mudik pada masa Lebaran.

Permintaan Kapolri soal pengamanan Operasi Ketupat menghadapi Idul Fitri sejalan dengan yang disampaikan Menteri Perhubungan bahwa pemerintah tidak melarang mudik lebaran 2021.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pemerintah tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran pada tahun ini.

Pemerintah juga tengah mempersiapkan skenario mudik Lebaran 2021 yang aman di tengah pandemi.

Baca juga: Sultan HB X tidak permasalahkan mudik Lebaran 2021
Baca juga: GAPASDAP sambut baik rencana pemerintah perbolehkan mudik Lebaran 2021

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021