Jakarta (ANTARA) - Mantan direktur tim senam putri Kanada, Dave Brubaker, dilarang berkiprah lagi seumur hidup menyusul penyelidikan atas keluhan terhadap dia, kata otoritas senam Gymnastics Canada seperti dikutip AFP.

Brubaker yang dibebaskan dari tuduhan serangan seksual dan eksploitasi seksual dalam persidangan kejahatan 2019 sudah diskorsing sejak tuduhan pelecehan mulai muncul pada 2017.

Namun demikian Gymnastics Canada menyatakan setelah menggelar penyelidikan internal terhadap berbagai tudingan terhadap Brubaker, badan senam Kanada ini menyatakan skorsing permanen.

"Dave Brubaker secara permanen diskorsing dan dilarang mengajukan aplikasi apa pun atau upaya mendapatkan pemulihan, keanggotaan, atau status lain apa pun dengan asosiasi atau klub anggota Gymnastics Canada," kata Gymnastics Canada.

Istri Brubaker, Liz Brubaker, yang juga diskorsing ketika tuduhan terhadap suaminya menyeruak, diperpanjang hukuman skorsingnya sampai 18 Januari 2024.

Rinciang tudingan terhadap Brubaker yang melatih tim Kanada pada Olimpiade 2012 dan 2016 tidak diungkapkan.

Sebuah panel disiplin mengeluarkan skorsing itu menyusul penyelidikan terhadap berbagai tuduhan yang dipimpin oleh seorang pakar hukum independen.

"Atas nama Gymnastics Canada, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada panel atas kerja tertata dan cermatnya dalam mempersiapkan keputusan mereka, dan saya ingin menyampaikan terima kasih kepada para atlet atas kerja sama, kesabaran dan keberaniannya selama proses yang amat sulit ini," kata Kepala Eksekutif Gymnastics Canada Ian Moss.

Baca juga: Pengawas HAM laporkan dokumen kekerasan pada atlet anak-anak di Jepang
Baca juga: Rekan atlet triathlon Korsel yang tewas, beberkan kekerasan pelatih
Baca juga: Diduga lakukan pelecehan, atlet asing ditangkap polisi Korsel
Baca juga: Kirim pesan cabul, gelandang Amr Warda dicoret dari skuat Mesir
Baca juga: Atlet tenis junior laporkan pelatih dugaan pencabulan

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021