Chelsea singkirkan Sheffield United demi menuju semifinal Piala FA

id piala fa,chelsea,sheffield united

Chelsea singkirkan Sheffield United demi menuju semifinal Piala FA

Penyerang sayap Chelsea Hakim Ziyech (bawah) melepaskan tembakan untuk mengunci kemenangan mereka atas Sheffield United dalam laga perempat final Piala FA di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Minggu (21/3/2021). ANTARA/REUTERS/Toby Melville.

Jakarta (ANTARA) - Chelsea menuju semifinal Piala FA setelah memenangi laga perempat final melawan Sheffield United dengan skor 2-0 di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu.

Hakim Ziyech mengunci kemenangan Chelsea pada injury time setelah gol bunuh diri Oliver Norwood mempersembahkan pembuka keunggulan tim besutan Thomas Tuchel tersebut, demikian catatan laman resmi FA.

Hasil itu sekaligus memperpanjang rekor gemilang Tuchel sebagai satu-satunya pelatih Chelsea yang membukukan catatan nirkalah dalam 14 pertandingan pertamanya bersama The Blues.

Sheffield sebetulnya punya peluang untuk mencuri keunggulan pada saat laga baru berusia dua menit, ketika John Fleck mengirim umpan terobosan sayang tembakan David McGoldrick terlalu mengarah tepat ke kiper Kepa Arrizabalaga.

Baca juga: Tammy Abraham antar Chelsea melaju ke perempat final Piala FA

Chelsea perlahan-lahan menegaskan kendalinya atas permainan dan mampu memimpin pada menit ke-24 saat Ben Chilwell mengirim umpan silang ke area tiang jauh di mana Emerson menanti, tetapi bola yang dipotong oleh Norwood malah berujung gol bunuh diri bagi gelandang bertahan Sheffield itu.

Tiga menit jelang turun minum Norwood kembali melakukan kesalahan saat umpannya ke arah George Baldock dicuri Christian Pulisic di tepian kotak penalti, tetapi pemain asal Amerika Serikat itu gagal menaklukkan kiper Aaron Ramsdale dalam situasi satu lawan satu.

Chelsea memasuki babak kedua dengan penampilan yang lebih tenang dan Pulisic kembali unjuk kebolehan memperdaya dua bek Sheffield, tetapi tembakan penyelesaiannya bisa dimentahkan Ramsdale. Bola muntah berusaha disambar Pulisic, sayang sepakannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Sheffield punya dua peluang bagus untuk membalas pada menit ke-67 dan 69, tetapi sundulan McGoldrick menyambut umpan silang John Lundstram melenceng dari sasaran dan sepakan Oliver McBurnie bisa ditepis oleh Kepa.

Baca juga: Southampton lolos ke semifinal FA lewati Bournemouth

Pada menit ke-78, Sheffield menciptakan peluang lain dari situasi bola mati yang berakhir di kaki Enda Stevens, sayang tembakan penyelesaiannya hanya menghantam sisi luar jaring gawang.

Sheffield terus berusaha mencari gol penyama kedudukan, tetapi kesempatan lain yang diperoleh Rhian Brewster melenceng dari gawang setelah membentur Mason Mount pada menit pertama injury time.

Semenit kemudian, Ziyech mengunci tiket semifinal bagi Chelsea setelah ia memotong bola sundulan Phil Jagielka sebelum berlari ke dalam kotak penalti demi menanti umpan silang Chilewell dan melesakkannya ke pojok bawah kanan gawang.

Chelsea menyusul langkah Southampton dan Manchester City ke babak semifinal yang baru akan diundi selepas laga perempat final antara Leicester City kontra Manchester United rampung dimainkan dini hari nanti.

Baca juga: Dua gol menit-menit akhir bawa City ke semifinal Piala FA

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar