Tidak ada penyimpangan, titipan, dan lainnya
Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) memastikan penerimaan anggota Polri di daerah ini dilakukan secara bersih dan transparan, sehingga menghasilkan anggota yang berkualitas dan sesuai dengan yang dibutuhkan kepolisian.

Karo SDM Polda Sumbar Kombes Pol Defrian Donimando, di Padang, Senin, mengatakan dalam proses penerimaan nantinya pihaknya akan mengadakan pakta integritas antara Polda Sumbar, panitia, dan orang tua murid.

"Hal ini dilakukan memastikan penerimaan berjalan sesuai dengan jalurnya. Tidak ada penyimpangan, titipan, dan lainnya," kata dia.

Ia mengatakan pada tahun 2021 ini, ada penerimaan dalam tiga kategori yakni Akademi Kepolisian (Akpol), bintara, dan tamtama

Untuk pendaftarannya dilakukan secara daring melalui website resmi penerimaan anggota Polri dan mengisi data yang dibutuhkan.

"Usai mendaftar dan registrasi secara online, para calon peserta kemudian dilakukan verifikasi oleh polres-polres setempat," kata dia .

Dia mengimbau agar putra-putri khususnya di Sumbar agar tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara dengan menjadi anggota Polri.

"Masuk polisi gratis atau tidak dipungut biaya apa pun," katanya lagi.

Sebelumnya, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dalam penerimaan Polri menginstruksikan kepada panitia dan seluruh personel jajaran Polda Sumbar untuk mendukung terselenggaranya rangkaian kegiatan seleksi ini dengan sebaik-baiknya.

"Saya tekankan untuk tidak memanfaatkan dan mencari kesempatan guna kepentingan pribadi selama proses rekrutmen," kata dia.

Dirinya juga mengajak peserta agar mempersiapkan diri untuk memperoleh hasil yang maksimal, karena tidak ada yang dapat membantu kelulusan melainkan hanya diri sendiri dan terus berdoa kepada Allah SWT.

Selain itu, dirinya meminta kepada orang tua atau pun wali agar dapat mendorong putra-putrinya untuk berkompetisi dengan sehat dan tidak terpengaruh terhadap oknum maupun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kepada pengawas baik internal maupun eksternal, lakukan pengawasan terhadap kinerja panitia seleksi tanpa mengganggu proses pelaksanaan seleksi dan apabila ditemukan adanya kejanggalan agar dilaporkan kepada Kapolda selaku Ketua Panda," kata dia pula.
Baca juga: Kapolda Sumbar pastikan penerimaan calon siswa SIPSS bersih-akuntabel
Baca juga: Polda sosialisasi penerimaan polisi di Padang Fair

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021