LIPI: "Gated community" jadi tren semakin dominan di masa depan

id gated community,lipi

LIPI: "Gated community" jadi tren semakin dominan di masa depan

Warga melintasi kawasan pemukiman program Nata Lembur di Desa Sindanggalih, Karangtengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (25/2/2021). Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Garut meluncurkan program Nata Lembur dengan membangun 25 unit rumah bagi masyarakat dalam rangka penanganan kawasan permukiman kumuh di pedesaan. ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/foc.

Jakarta (ANTARA) - Peneliti dari Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rusli Cahyadi mengatakan gated community akan menjadi tren yang semakin dominan di masa depan.

"Dalam beberapa hal dapat dikatakan bahwa literatur Indonesia menyebutkan pembentukan gated community akan menjadi tren yang semakin dominan di masa depan di sebagian besar wilayah perkotaan di Indonesia, terutama di wilayah perkotaan, di pinggiran kota bahkan di pedesaan," kata Rusli dalam seminar virtual (webinar) Gated Communities and Inequality in Indonesia, Jakarta, Rabu.

Menurut Rusli, itu akan membawa pada persoalan mengenai dampak pembangunan gated community di perdesaan sekitar kota-kota inti di Indonesia.

Gated community dapat diartikan sebagai kawasan pemukiman yang memiliki akses masuk terbatas di mana ruang publik yang ada di dalamnya bersifat privat.

Secara luas di perdesaan di Indonesia yang bercirikan suasana persatuan dengan kondisi sosial dan ekonomi yang relatif setara, dapat diduga akan menimbulkan persoalan atau permasalahan yang berkaitan dengan segregasi sosial dan konflik yang berbeda jika pembangunan gated community di perdesaan tidak terkendali.

Rusli menuturkan masalah gated village atau perkembangan gated community di perdesaan nampaknya belum mendapat perhatian akademisi yang cukup.

Selama ini, permasalahan segregasi sosial, ekonomi dan konflik akibat persebaran gated community masih terfokus pada wilayah perkotaan.

"Di perkotaan kita tahu bahwa segregasi sosial dan konflik dapat dilihat telah menjadi bagian warisan kota atau ciri khas kota," tutur Rusli.

Menurut Rusli, gated village atau pengembangan gated community di perdesaan bisa menjadi fokus baru untuk penelitian di Indonesia.

Sebagian besar studi yang dilakukan oleh akademisi lokal di Indonesia tentang dampak pembangunan gated community di perdesaan masih sangat jarang dan kurang. Penelitian yang spesifik dan mendalam tentang informasi dan pengembangan gated community di perdesaan masih sekadar melengkapi penelitian lain.

Sementara, pentingnya penelitian tentang gated community di daerah perdesaan juga bergema di tingkat global.

 

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar