Jajaran kesehatan TNI telah mampu memberikan dukungan kesehatan dan menunjukkan kiprahnya dalam kegiatan berbagai operasi dan latihan TNI di dalam ataupun di luar negeri.
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan agar prajurit TNI mengoptimalkan pemenuhan bekal kesehatan TNI.
 
"Ini untuk mendukung kesiapan tugas pokok serta tingkatkan kepedulian terhadap kebutuhan kesehatan para prajurit dan keluarganya serta masyarakat sehingga dapat membantu memberikan solusi kepada pemerintah," kata Kasum TNI dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan (Rakorniskes) TNI tahun 2021 di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa.
 
Menurut dia, jajaran kesehatan TNI telah mampu memberikan dukungan kesehatan dan menunjukkan kiprahnya dalam kegiatan berbagai operasi dan latihan TNI di dalam ataupun di luar negeri.
 
"Berbagai operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana operasi pertolongan korban bencana jatuhnya pesawat, bencana alam, serta berperan aktif dalam penanganan pandemi COVID-19," kata Ganip.

Baca juga: Kasum TNI: "Network Centric Warfare" perlu diawaki personel andal
 
Jenderal bintang tiga ini berharap kepada peserta Rakorniskes untuk memanfaatkan dengan baik forum ini sebagai media koordinasi, komunikasi, dan sinkronisasi antarkomunitas kesehatan TNI agar diperoleh kesamaan persepsi dan interpretasi dalam melaksanakan tugas pokok TNI.
 
Dalam kesempatan itu, Ganip menekankan bahwa prajurit TNI melaksanakan koordinasi sebaik-baiknya dengan satuan instansi terkait lainnya dengan penuh rasa tanggung jawab, berani, tulus, dan ikhlas semata-mata sebagai darma bakti terbaik untuk TNI, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Rakorniskes TNI tahun ini diikuti sekitar 320 peserta terdiri atas 60 peserta secara tatap muka dan 260 peserta secara virtual yang merupakan kepala satuan kesehatan di jajaran Mabes TNI dan angkatan.

Baca juga: Panglima TNI serahkan jabatan Kasum TNI kepada Letjen Ganip Warsito

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021