Bandung (ANTARA) - Persebaya Surabaya berhasil menaklukkan Persik Kediri dalam laga perdananya di Grup C Piala Menpora dengan skor 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Dua gol Persebaya diciptakan oleh pemain lini depan Samsul Arif di menit ke 67 dan menit ke 71. Namun sebelumnya Persik Kediri lebih dulu unggul pada menit ke 63 dari tendangan pinalti Andri Ibo, seluruh gol tercipta di babak kedua.

Sejak awal pertandingan, laga berjalan cukup alot karena serangan kedua tim selalu termentahkan. Apalagi, pemain Persebaya selalu mendapat tekanan dari pemain Persik ketika mendapat bola.

Baca juga: Empat pemain Timnas asal Persebaya jalani vaksinasi COVID-19 dosis dua

Sepanjang babak pertama, para Persik nampak selalu akurat dalam mengoper bola, namun tak jarang bola tak sampai ke ujung tombak.

Sejumlah peluang kedua tim pun tidak berhasil dikonversi menjadi gol. Akhirnya hingga babak pertama usai, skor masih imbang 0-0.

Pada babak kedua, Persik mendapat keberuntungan untuk menambah keunggulan dari titik putih. Pasalnya umpan dari pemain Persik mengenai tangan Alwi Slamat yang berdiri tepat di garis batas wilayah kiper.

Namun wasit memutuskan untuk memberi tendangan pinalti di menit ke 63. Andri Ibo sebagai eksekutor berhasil membawa Persik unggul 0-1 atas Persebaya.

Tak berselang lama, gol pinalti Andri Ibo pun berhasil dibalas Persebaya yang juga mendapatkan hadiah pinalti di menit ke 67.

Baca juga: Persebaya ikat dua eks-Persela, Samsul Arif-Ady Setiawan

Andri Ibo pun turut berperan atas jebolnya gawang Yusron oleh Persebaya. Pasalnya Andri Ibo menjegal pemain Persebaya Ricky Kambuaya di halaman gawang Persik.

Setelah wasit memberi pinalti, Samsul Arif sebagai eksekutor berhasil mencetak gol untuk menyamai kedudukan, skor menjadi 1-1.

Empat menit setelahnya, wasit kembali memberikan pinalti kepada Persebaya. Saat itu Samsul Arif yang berusaha mengejar bola justru terkena jegalan Ok John yang juga berniat mengontrol bola di kotak pinalti.

Baca juga: Persebaya ke Bandung lewat jalur darat ikuti Piala Menpora

Pada menit ke 71, Samsul Arif kembali menjadi eksekutor dan berhasil mencetak gol untuk mengungguli Persik Kediri dengan skor 2-1.

Saat laga hampir usai, Persik Kediri hampir bisa menyamai kedudukan melalui peluang yang didapat Ahmad Agung di halaman gawang Satria Tama.

Namun wasit meniup peluit karena bola terlebih dahulu mengenai Rafiou yang selangkah lebih depan dari pada Ahmad Agung sebelum bola didapat oleh pemain Persik bernomor punggung 24 itu.

Susunan pemain Persebaya Surabaya vs Persik Kediri:

Persebaya Surabaya

Satria Tama (PG)
Ady Setiawan
Rachmat Irianto
Rizky Ridho
Koko Ari
Alwi Slamat
M Hidayat
Supriadi
Hambali
Oktafianus Fernando
Samsul Arif

Persik Kediri

Dikri Yusron (PG)
Andri Ibo
Dany Saputra
Ibrahim Sanjaya
Ok John
Vava Mario
Ady Eko
Ahmad Agung
Faris Aditama
Bayu Otto
Septian Bagaskara

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021