Gubernur Jatim semangati calon mahasiswa gagal lolos SNMPTN 2021

id snmptn,calon mahasiswa,perguruan tinggi negeri

Gubernur Jatim semangati calon mahasiswa gagal lolos SNMPTN 2021

Sepuluh besar provinsi peraih siswa lolos SNMPTN 2021 berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). ANTARA/HO.

Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyemangati calon mahasiswa yang gagal lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

"Kepada siswa atau calon mahasiswa yang belum lolos jangan berkecil hati atau putus asa," ujarnya di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, masih ada jalan lain untuk masuk perguruan tinggi negeri, yakni dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) yang digelar April 2021.

"Saya yakin yang hari ini belum lolos, tapi saat SBMPTN akan lulus atau lewat jalur mandiri universitas. Syaratnya, tetap semangat, pantang menyerah, optimistis, dan terus berdoa," ucap Gubernur Khofifah.

Baca juga: Universitas Jambi terima 1.892 mahasiswa baru melalui SNMPTN 2021

Baca juga: Empat pelajar usia di bawah 16 tahun lolos jalur SNMPTN Unair


Sementara itu, berdasarkan pengumuman SNMPTN 2021, hasilnya sebanyak 110.459 orang dinyatakan lulus, dan Jatim menempati peringkat pertama pendaftar yang diterima atau lolos.

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah pendaftar dari Jatim sebanyak 85.146 orang dan jumlah diterima sebanyak 16.998 orang, dengan rasio peserta diterima terhadap pendaftar sebesar 19,96 persen.

Di peringkat kedua Jawa Barat dengan jumlah pendaftar sebanyak 93.612 orang dan jumlah diterima sebanyak 10.715 orang, dengan rasio peserta diterima terhadap pendaftar sebesar 11,45 persen.

Sedangkan di peringkat ketiga ditempati Jawa Tengah dengan jumlah pendaftar sebanyak 70.910 dan jumlah diterima sebanyak 8.100 orang, dengan rasio peserta diterima terhadap pendaftar sebesar 11,42 persen.

Atas raihan prestasi tersebut, Gubernur Khofifah bersyukur sekaligus bangga, terlebih ditorehkan saat Jatim masih berjibaku dengan COVID-19.

Hasil tersebut, kata Khofifah, merupakan hasil kerja keras siswa, kepala sekolah, guru, orang tua, serta pemerintah dalam menghadirkan pendidikan berkualitas.

"Tahun lalu, Jatim juga menempati peringkat pertama dengan jumlah siswa lolos tertinggi secara nasional. Siswa yang diterima tahun lalu sebanyak 13.803 orang, sedangkan pada 2021 sebanyak 16.998 siswa. Ini prestasi luar biasa dan harus disyukuri," tuturnya.*

Baca juga: Rektor: Jalur SNMPTN Unair didominasi pemegang KIP-Kuliah

Baca juga: 1.760 calon mahasiswa lolos jalur SNMPTN di Unhas

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar