Menhub minta jalan ke Bandara Kuabang Halmahera Utara diperlebar

id Presiden Jokowi,Menteri Perhubungan,Budi Karya Sumadi,BKS,Bandara Kuabang

Menhub minta jalan ke Bandara Kuabang Halmahera Utara diperlebar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Kuabang, Halmahera Utara, Selasa (23/3/2021). ANTARA/HO-BKIP Kemenhub/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan pelebaran jalan akses ke Bandara Kuabang, Halmahera Utara, Maluku Utara dari Kota Sofifi, agar waktu tempuh menjadi lebih singkat.

“Mohon arahan Pak Presiden bagaimana untuk konektivitas ini dijalankan, dan saya juga selaku insan perhubungan mengusulkan jalan menuju tempat ini (Bandara Kuabang) diperlebar karena dengan diperlebar maka jarak tempuh antara Sofifi menuju Kuabang itu menjadi lebih cepat,” ujar Budi Karya saat peresmian Terminal Penumpang Bandara Kuabang, Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu.

Budi Karya mengatakan Bandara Kuabang menjadi pelengkap infrastruktur dari Bandara Sultan Babullah Ternate. Bandara Kuabang dibangun dengan biaya investasi melebihi Rp300 miliar.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, Budi Karya mengatakan Bandara Kuabang hanya melayani penerbangan carter (sewa). Dia berjanji akan mengupayakan agar terdapat penerbangan reguler atau komersial ke Bandara Kuabang.

“Kami sedang bicara dengan operator untuk pengadaan fasilitas atau konektivitas ke sini,” ujar Budi Karya.

Presiden Joko Widodo meresmikan terminal Bandara Kuabang di kabupaten Halmahera Utara provinsi Maluku Utara, Rabu ini. Presiden mengatakan pembangunan bandara bukan hanya untuk membangun infrastruktur tapi juga untuk membangun peradaban di wilayah setempat.

"Sekarang ada bandara artinya apa? Kita disiplin harus tepat waktu karena datang ke bandara untuk terbang ke kota lain dan waktunya sudah ditentukan kalau tidak akan ditinggal pesawat, itu juga membangun kedisiplinan baru, membangun peradaban," ungkap Presiden Jokowi.

Selain itu, bandara Kuabang juga diharapkan dapat menimbulkan titik-titik perekonomian yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Oleh sebab itu saya sangat menyambut baik, alhamdulillah terminal penumpang di Bandara Kuabang ini telah siap untuk menunjang aktivitas masyarakat Halmahera Utara dan sekitarnya dan kita harapkan akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar bandara ini," tambah Presiden.

Baca juga: Menhub cek terminal penumpang baru Bandara Kuabang Halmahera Utara
Baca juga: Presiden perintahkan Menhub tambah dua penerbangan ke Bandara Kuabang
Baca juga: Bertambah, maskapai yang buka penerbangan di Bandara Ternate


Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar