Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta siap membalas kekalahan yang dialami di seri pertama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 dari Prawira Bandung pada pertandingan seri ketiga yang akan digelar Jumat (26/3).

Pada laga perdana IBL 2021, Satria Muda yang tampil dominan di paruh pertama pertandingan dan periode akhir kuarter ketiga membuang keunggulan mereka dan akhirnya menelan kekalahan 72-73 di tangan Prawira Bandung.

Baca juga: Prawira Bandung tundukkan Satria Muda berkat kebangkitan paruh kedua

Pelatih kepala Satria Muda Pertamina Jakarta, Milos Pejic, mengatakan sudah melakukan evaluasi atas kekalahan tersebut dan permainan timnya juga kini sudah jauh lebih baik serta siap melawan Prawira, esok.

“Permainan kami sudah lebih baik. Kami akan meningkatkan aspek fast break point dan free throws,” kata Pejic dalam jumpa pers daring yang diikuti dari Jakarta, Kamis.

Akurasi free throws atau tembakan bebas menjadi evaluasi pelatih dalam laga kontra Prawira. Pasalnya, Arki Dikania Wisnu dkk. mencatatkan persentase free throws 62 persen, sedikit lebih rendah dibanding 65 persen milik Prawira.

Baca juga: Kalah di laga perdana bukan masalah besar bagi pelatih Satria Muda

Presentase itu jauh lebih buruk saat Satria Muda menelan kekalahan 64-68 atas Louvre Surabaya di seri kedua. Mereka hanya mencatatkan 47 persen daripada 79 persen milik Louvre.

Menurut Pejic, statistik tersebut tidak mencerminkan skuad Satria Muda yang biasanya jauh lebih unggul untuk urusan akurasi tembakan bebas.

“Persentase akurasi free throws Satria Muda mendekati 50:50 dengan Prawira. Itu bukan level SM,” ujar Pejic.

Kendati begitu, Pejic mengaku puas dengan penampilan dan hasil yang diraih Satria Muda dalam delapan pertandingan yang sudah dijalani. Menurutnya, raihan tersebut membawa Satria Muda selangkah lebih dekat untuk menyegel tiket ke babak playoff di Jakarta.

Baca juga: Ringkasan hari ketiga IBL 2021: Satria Muda dan Bali United menggila

Shooting guard Satria Muda, Sandy Ibrahim Aziz, juga menyatakan sangat siap membalas kekalahan mereka atas Prawira Bandung dalam pertandingan besok.

“Siap banget. Dari kemarin kami mulai fokus game melawan Prawira dan membalas kekalahan dari seri pertama. Kami tidak mau kecolongan dan mau start dan finish bagus,” ucap Sandy.

Prawira Bandung dan Satria Muda punya modal sama menghadapi pertandingan besok. Kedua tim sama-sama mengoleksi 14 poin dengan catatan enam kemenangan dan dua kekalahan.

Baca juga: Ringkasan hari kelima IBL 2021: Satria Muda menang, Prawira gigit jari
Baca juga: Ringkasan hari keenam IBL 2021: Satria Muda gulung Hangtuah 84-62


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021