Bandung (ANTARA) - Ribuan pegawai di lingkungan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat (Jabar) telah menjalani vaksinasi COVID-19 sebagai bentuk dukungan dan komitmen PLN dalam mendukung program vaksinasi COVID-19 yang dijalankan oleh pemerintah.

"Hingga Selasa, 23 Maret 2021 kemarin, lebih dari 3.000 pegawai dan tenaga alih daya atau TAD PLN Jabar yang tersebar di 15 Unit Pengelolaan Pelayanan Pelanggan atau UP3 telah menerima vaksinasi," kata Manager Komunikasi PLN UID Jawa Barat Iwan Ridwan, Kamis.

Bekerja sama dengan dinas kesehatan di masing-masing unit para pegawai PLN UID Jabar melakukan vaksinasi di berbagai instansi yang ditunjuk seperti UP3 Cimahi yang vaksin di Rumah Sakit Avisena, UP3 Sukabumi di Rumah Sakit Syamsudin dan UP3 Karawang di Puskesmas Karawan Kulon dan Kantor UP3 Karawang.

Komitmen tersebut merupakan upaya PLN mengurangi risiko paparan dan juga dampak akibat COVID-19 sehingga dapat memberikan layanan terbaik serta mempercepat pemulihan ekonomi.

Baca juga: Jawa Barat siapkan 2.000 dosis vaksin COVID-19 untuk atlet

Baca juga: Ridwan Kamil pastikan tidak ada vaksin COVID-19 kedaluwarsa di Jabar


Adapun tujuan vaksinasi adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

"Kami sangat mendukung program pemerintah untuk melakukan vaksinasi. Sebagai perusahaan layanan publik yang harus bekerja 24 jam dalam tujuh hari, tentu kami harus memastikan petugas selalu dalam kondisi sehat dan fit untuk menjaga pasokan tenaga listrik meski di tengah pandemi. Kami meyakini vaksinasi ini sebagai langkah efektif untuk meminimalisir dampak dari COVID-19," kata Iwan Ridwan.

Ia mengatakan khusus di Bandung, peserta vaksinasi terdiri dari beberapa unit PLN (UID Jabar, UIT JBT, PUSHARLIS, UIP JBT 1, UIP JBT 2, IP, dan lain-lain) yang tergabung dalam PLN Group yang lokasi kantornya di Bandung.

Vaksinasi akan dilakukan selama tiga hari (24-26 Maret 2021) dan terpusat di GOR Kantor PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah.

Total pegawai dan TAD yang akan divaksin selama tiga hari ini sebanyak 3.321 orang dimana 58 persennya adalah pegawai dan TAD PLN UID Jabar.

"Kami sangat mengapresiasi pemerintah dan dinas kesehatan setempat termasuk kepada tim dokter dan perawat yang telah membantu pelaksanaan proses vaksin bagi pegawai kami," kata Iwan.

Secara bertahap, program vaksinasi untuk pegawai PLN akan terus dilakukan di seluruh Jawa Barat.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19.

Meskipun telah menjalani vaksinasi, PLN memastikan tetap menjalankan protokol COVID-19 dalam setiap proses bisnis PLN.*

Baca juga: Jabar dukung Unpad lakukan uji klinis Vaksin Rekombinan COVID-19 Anhui

Baca juga: Jabar terima 127.070 vial vaksin untuk vaksinasi tahap dua

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021