Hongaria isyaratkan tunda buka kembali sekolah saat COVID melonjak

id Hongaria, COVID,Zoltan Marusza,buka kembali sekolah

Hongaria isyaratkan tunda buka kembali sekolah saat COVID melonjak

Masyarakat menghadiri demonstrasi di Lapangan Pahlawan di Budapest, Hongaria, Minggu (28/2/2021), yang memprotes kebijakan pembatasan terhadap virus corona (COVID-19) karena diyakini dapat membuat perekonomian memburuk . ANTARA FOTO/REUTERS/Bernadett Szabo/NZ/sa.

Budapest (ANTARA) - Pembukaan kembali sekolah dan taman kanak-kanak yang direncanakan Hongaria pada 7 April sekarang tampak "optimistik", kata Zoltan Maruzsa, seorang sekretaris negara yang bertanggung jawab atas pendidikan, dalam wawancara surat kabar yang diterbitkan pada Kamis.

Rumah sakit Hongaria berada di bawah tekanan "luar biasa" karena meningkatnya infeksi virus corona, kata kepala layanan medis pada Rabu (24/3), ketika negara itu menjadi sarang dalam gelombang ketiga pandemi yang telah sangat parah melanda Eropa Tengah.

"Kita dapat mengesampingkan kemungkinan pembelajaran jarak jauh dilakukan sepanjang tahun ajaran. Namun, perlu beberapa tingkat optimisme untuk menerima begitu saja bahwa pada 7 April akan dibuka kembali," kata Maruzsa kepada surat kabar Magyar Nemzet.

"Untuk saat ini tampaknya lebih mungkin bahwa kembali mengajar di kelas bisa memakan waktu lebih lama, tetapi kami juga perlu melihat perkembangan beberapa hari ke depan untuk menilai itu," katanya.

Hongaria di kalangan negara-negara anggota Uni Eropa memimpin dalam impor vaksin dan tingkat vaksinasi per kapita, menurut data dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa. Negara itu telah memberikan setidaknya satu dosis vaksin pada 1,7 juta orang.

Namun, Hongaria sekarang menempati urutan pertama di dunia dalam kematian akibat COVID-19 berdasar rasio populasi selama tujuh hari terakhir, menurut Our World in Data.

Pada Rabu (24/3), Hongaria melaporkan 593.710 kasus COVID-19 dan 18.952 kematian, mewakili sekitar 0,2 persen dari populasinya.

Seorang bankir sentral mengatakan pada Rabu bahwa ia memperkirakan tidak ada pelonggaran cepat dari langkah-langkah penguncian saat ini, yang berlaku sejak November. Bankir tersebut menambahkan bahwa pelonggaran sebagian dapat diperkirakan terjadi pada paruh kedua tahun ini.

Sumber: Reuters

Baca juga: Vaksin COVID CanSino terima persetujuan penggunaan darurat di Hongaria

Baca juga: PM Hongaria: Varian Inggris sebabkan lonjakan COVID

Baca juga: Hongaria dan Serbia memulai vaksinasi untuk atlet Olimpiade


 

RI-Hongaria sepakati proyek sistem pembayaran tol hingga sawit


Pewarta : Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar