Polisi pastikan pengamanan rumah pengungsi di sekitar Kilang Balongan

id Polisi,Kilang Pertamina Balongan,balongan,polda jawa barat,amankan,pengungsian,kilang balongan

Polisi pastikan pengamanan rumah pengungsi di sekitar Kilang Balongan

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Bandung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memastikan menjaga ketat rumah para warga pengungsi yang dikosongkan di sekitar Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan pengamanan itu dilakukan guna mencegah adanya gangguan keamanan dan ketertiban di pemukiman warga ketika para warga itu diungsikan ke wilayah yang lebih aman.

"Rumah-rumah pengungsi itu Insya Allah sudah kita lakukan pengamanan baik dari kepolisian, TNI dan masyarakat setempat," kata Erdi di Bandung, Selasa.

Sejauh ini, ia mencatat ada sekitar 740 orang pengungsi di lokasi pengungsian sementara. Para pengungsi itu, kata dia, difokuskan ke satu titik setelah sebelumnya berada di dua titik pengungsian.

Baca juga: Polisi ungkap dugaan sementara penyebab kebakaran Kilang Balongan

Baca juga: Polisi tunggu api Kilang Pertamina Balongan padam untuk investigasi


Adapun dia mengatakan lokasi yang dikosongkan itu untuk pemukiman yang berada dalam radius dua kilometer dari Kilang Pertamina Balongan.

Selain itu, polisi sendiri baru akan memulai proses penyelidikan ketika api kebakaran di kilang minyak itu padam. Sedangkan sejauh ini kebakaran di kilang minyak itu masih belum padam sepenuhnya.

"Polisi akan bekerja (melakukan penyelidikan) ketika selesai proses pemadaman secara tuntas," katanya.

Dari peristiwa itu, Pertamina sendiri menyatakan mengalami kerugian sebanyak 400 ribu barel bahan bakar minyak akibat kebakaran tersebut.

Baca juga: Hingga Selasa pagi kebakaran kilang Pertamina Balongan belum padam

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar