Jakarta (ANTARA) - Kendati Pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan melaksanakan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1442 Hijriah (H) pada 12 April mendatang namun masyarakat sudah dapat menyimak jadwal imsakiah puasa tahun 2021.

Masyarakat dapat melihat jadwal imsakiah puasa untuk persiapan menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini melalui laman Bimas Islam Kementerian Agama berikut https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Dalam laman tersebut tersedia jadwal imsakiah, waktu berbuka hingga jadwal shalat untuk seluruh provinsi di Tanah Air. Masyarakat tinggal memilih provinsi dan kota/kabupaten mana dan lantas mencarinya di kolom pencarian.

Sebelumnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi awal Ramadhan 1442 H bakal seragam. Prediksi itu didasarkan pada posisi Bulan saat Maghrib dan kriteria yang biasa digunakan oleh organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah.

"Insya Allah akan seragam, setidaknya dua ormas Islam besar NU dan Muhammadiyah itu akan seragam. Jadi awal Ramadhan akan seragam tanggal 13 April," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin.

Sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa tahun 2021 jatuh pada 13 April merujuk hasil perhitungan astronomi (hisab) yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa Wage, 13 April 2021 Masehi," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Haedar Nashir.

Keputusan itu tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1442 H.

Baca juga: LAPAN perkirakan awal Ramadhan bakal seragam ditetapkan 13 April
Baca juga: Ledakan meteor berbahaya terjadi pada Ramadhan? Cek faktanya!


Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2021