Kami sangat berharap kepada seluruh masyarakat mendaftar vaksinasi dan jangan takut karena itu ikhtiar kolektif untuk mempercepat pemulihan kita dari pandemi
Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendorong pemerintah mempercepat distribusi vaksin agar target yang dicanangkan, yakni satu juta vaksinasi per hari atau selesai dalam waktu satu tahun, bisa tercapai.

"Kami seluruh RS Muhammadiyah siap membantu vaksinasi. Tinggal sekarang pemerintah bisa memberikan kesempatan dan distribusi (vaksin, red.) ini. Kita siap untuk berkolaborasi," ujar Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah Agus Samsudin dalam keterangan secara virtual diikuti di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan PP Muhammadiyah siap membantu memuluskan program dan target yang dicanangkan pemerintah itu, semata-mata agar kekebalan kelompok (herd immunity) tercipta serta mengakhiri pandemi COVID-19.

Ia mengatakan 85 rumah sakit serta 10 perguruan tinggi dalam naungan Muhammadiyah siap membantu proses percepatan vaksinasi sehingga tinggal sekarang pemerintah mempercepat distribusi vaksin kepada lembaga-lembaga yang bisa diajak berkolaborasi.

Baca juga: Muhammadiyah kerahkan 84 rumah sakit bantu vaksinasi

Muhammadiyah, kata dia, sejak awal mendukung langkah-langkah pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19. Dukungan tersebut diwujudkan dalam berbagai langkah, seperti pembentukan Pusat Komando COVID-19 untuk mendukung pengobatan di rumah sakit.

"Kalau pemerintah ingin mempercepat prosesnya, kami siap dilibatkan," kata dia.

Selain mendorong distribusi vaksin, Agus mengusulkan kepada pemerintah agar menambah sasaran vaksinasi.

Selain lansia, tenaga pendidik, dan relawan umum, kata dia, para pengurus tempat ibadah dan para siswa di satuan pendidikan yang juga harus segera divaksin.

Ia berharap, dengan segala ikhtiar yang dilakukan seluruh pihak, pandemi COVID-19 yang telah berlangsung setahun lebih di Tanah Air itu bisa segera berakhir.

"Kami sangat berharap kepada seluruh masyarakat mendaftar vaksinasi dan jangan takut karena itu ikhtiar kolektif untuk mempercepat pemulihan kita dari pandemi," kata dia.

Baca juga: PP Muhammadiyah harap kesadaran masyarakat untuk tidak mudik Lebaran
Baca juga: Keterlibatan komunitas percepat target vaksinasi 1 juta per hari
Baca juga: Muhammadiyah: Vaksinasi harus jadi ikhtiar melawan COVID-19

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021