Setelah divaksin kami menjadi semakin semangat
Jakarta (ANTARA) - Atlet menembak putri Indonesia Vidya Rafika mengaku semakin semangat untuk berlatih seusai menerima vaksin COVID-19 melalui program vaksinasi atlet oleh pemerintah.

Vidya mengatakan bersyukur karena masuk ke dalam prioritas penerima vaksin COVID-19. Hal tersebut, menurutnya, merupakan bentuk kepercayaan pemerintah kepada para atlet dan pelatih agar dapat mempersiapkan diri lebih baik ketika mengikuti berbagai ajang olahraga internasional.

“Setelah divaksin kami menjadi semakin semangat. Kami juga tahu bahwa kami harus lebih hati-hati dan waspada karena sudah divaksin dan kami harus menjaga kepercayaan dari pemerintah,” kata Vidya saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Vidya Rafika sabet perunggu di kejuaraan dunia India

"Kami juga semakin semangat karena setelah presiden divaksin lalu abis itu giliran para atlet. Jadi kami lebih semangat latihannya," kata dia menambahkan.

Selain itu, Vidya juga mengatakan bahwa vaksinasi tersebut membuat dia semakin semangat terutama ketika akan mengikuti kejuaraan di luar negeri. Ia baru saja meraih medali perunggu di ajang ISSF World Cup Rifle/Pistol/Shotgun di New Delhi, India yang digelar pada 18-29 Maret lalu.

Ia selanjutnya dijadwalkan mengikuti ajang ISSF World Cup di Baku, Azerbaijan pada 21 Juni-2 Juli mendatang.

Peraih medali emas SEA Games 2019 itu saat ini tengah mempersiapkan diri tampil di Olimpiade Tokyo. Ia menjadi satu-satunya atlet menembak Indonesia yang sudah mengantungi tiket ke pesta olahraga empat tahunan itu. Ia bakal turun di nomor air rifle match dan 3 position 50 meter putri.

Baca juga: Vidya Rafika satu-satunya petembak wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah melakukan vaksinasi COVID-19 tahap pertama terhadap insan olahraga nasional dengan menyasar 820 orang, termasuk atlet, pelatih, dan tenaga pendukung dari 40 cabang olahraga. Dosis pertama dilaksanakan pada 26 Februari dan dosis kedua pada 13 Maret.

Penerima vaksin COVID-19 tahap awal merupakan mereka yang dijadwalkan mengikuti beberapa kejuaraan single event maupun multievent dalam waktu dekat, termasuk Olimpiade Tokyo pada Juli-Agustus dan SEA Games 2021 Vietnam pada November.

Baca juga: Vidya Rafika tak kecewa dengan penundaan Olimpiade
Baca juga: Membidik emas di Negeri Sakura


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021