Jakarta (ANTARA) - Louvre Dewa United Surabaya terus memperbesar asa ke babak playoff Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 selepas menundukkan Satya Wacana Saints Salatiga dengan skor 68-59 dalam lanjutan Seri III di gelembung Robinson Resort, Bogor, Rabu.

Dengan kemenangan itu, Louvre untuk sementara memimpin klasemen Divisi Merah dengan koleksi 20 poin, sedangkan Satya Wacana (16) tertahan di urutan kelima.

Kevin Moses Poetiray jadi penampil terbaik dalam kemenangan Louvre lewat 19 poin, enam rebound dan tujuh assist yang dibukukannya, diikuti 16 poin dan sembilan rebound Dio Tirta Saputra serta 10 poin Wendha Wijaya.

Sementara di kubu Satya Wacana, Antoni Erga terus melanjutkan performa positif di musim sophomore-nya dengan raihan 19 poin, diiringi 14 poin dan delapan rebound milik Henry Lakay serta catatan dwiganda 10 poin dan 10 rebound yang diraih Bryan Elang Praditya.

Baca juga: Hasil IBL 2021: Pelita Jaya beri Louvre kekalahan kedua

Louvre mengawali pertandingan dengan baik kendati laga berlangsung relatif kering, tetapi mereka sempat memimpin 11-6 lewat layup Wendha pada sisa waktu tiga menit 38 detik kuarter pertama.

Keunggulan itu sempat raib ketika Febrianus Khiandio melesakkan tembakan tripoin demi membawa Satya Wacana mengimbangkan kedudukan 13-13 pada sisa waktu 44 detik, tetapi dua lemparan bebas Kevin memastikan Louvre tetap menutup kuarter pertama dalam keunggulan 15-13.

Keunggulan itu diperlebar jadi 20-13 saat Nikholas Mahesa membukukan tripoin di awal kuarter kedua dan dua lemparan bebas Wendha membuat Louvre kian menjauh 30-21 pada sisa waktu tiga menit 17 detik kuarter kedua.

Paruh pertama pertandingan ditutup keberhasilan Kevin mencatatkan three-point play demi membawa Louvre unggul 33-26 menyongsong kuarter ketiga.

Satya Wacana tampak bangkit di kuarter ketiga dan memangkas jarak ketertinggalan jadi 36-37 pada sisa waktu lima menit 42 detik lewat hookshot Bryan, bahkan menyamakan kedudukan 39-39 saat Alexander Franklyn memanfaatkan hadiah lemparan bebas akibat pelanggaran teknis Louvre.

Baca juga: Tuntaskan revans, Prawira Bandung bekuk Patriots 85-75

Tim besutan Efri Meldi itu sempat berbalik memimpin 42-40 pada sisa waktu dua menit lima detik lewat tripoin Henry Lakay, tetapi layup dari Jamarr Andre Johnson dan Luthfianes Gunawan memastikan Louvre tetap unggul saat menutup kuarter ketiga dalam kedudukan 44-42.

Penampilan Louvre membaik di kuarter pemungkas dan layup Wendha membawa mereka menjauh 56-48 pada sisa waktu lima menit 16 detik.

Perlawanan sengit diperlihatkan Satya Wacana yang memangkas ketertinggalan itu menjadi hanya bersisa satu poin dalam skor 59-60 saat Franklyn melesakkan tripoin pada sisa waktu semenit 15 detik.

Sayangnya, momentum kebangkitan Satya Wacana mampu diredam oleh Louvre yang memborong delapan poin tanpa balas di sisa waktu yang ada demi mengunci kemenangan 68-59.

Kedua tim baru akan melantai lagi saat Seri IV dimulai pada Senin (5/4) saat Satya Wacana menghadapi Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Louvre bertemu Bali United.

Baca juga: Hasil IBL 2021: West Bandits jaga peluang ke playoff

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021