Jelang cuti bersama, ini rekomendasi tempat menyegarkan diri

id utan kota kemayoran,pantai indah kapuk,kebun raya,travel jakarta,wisata jakarta,aa

Jelang cuti bersama, ini rekomendasi tempat menyegarkan diri

Warga mengunjungi area Ruang Terbuka Hijau (RTH) Utan Kemayoran di kawasan Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/12/2019). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz.

Jakarta (ANTARA) - Anda yang sudah mendapat vaksin COVID-19 mungkin lebih percaya diri untuk bepergian ke tempat yang aman dan menyenangkan demi menikmati libur panjang akhir pekan ini. Jika ingin menghirup udara segar di hari libur, Anda bisa mencoba mengunjungi beberapa tempat di bawah ini untuk mengisi lagi energi sebelum kembali beraktivitas pekan depan.

Utan Kota Kemayoran
Dikutip dari laman instagram Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Utan Kota Kemayoran sudah bisa dikunjungi setiap Sabtu dan Minggu dari pukul 06.00 -12.00 WIB. Tetapi setiap pengunjung harus mendaftar melalui tautan http://tinyurl.com/utankmy

Setiap orang yang datang diminta untuk tetap patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pengelola dengan tidak membawa anak usia 0-9 tahun, dalam kondisi sehat dengan suhu badan tidak lebih dari 37,5 celcius, juga dilarang binatang peliharaan. Anda bisa berolahraga atau sekadar berjalan-jalan di sana.

Baca juga: Larangan mudik berpeluang dorong "staycation"

 

Kebun Raya Cibodas
Kebun raya cocok untuk para pencinta alam yang ingin dikelilingi suasana asri. Di sana ada taman, rumah kaca, hingga air terjun. Pengunjung bisa membeli tiket di laman resmi kebunraya.id meski baru akan datang jauh-jauh hari, sebab masa berlaku tiket 90 hari setelah pemesanan. Anak dengan tinggi minimal 80 cm wajib membeli tiket juga. Tidak ada batasan usia pengunjung, tapi semuanya wajib mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dan membawa hand sanitizer sendiri. Anda juga boleh membawa sepeda asalkan membeli juga tiket sepeda. Jika tidak, kebun raya juga menyediakan fasilitas penyewaan sepeda, dikutip dari akun Instagram kebun raya.

Pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, kebun raya Cibodas dibuka pukuk 07.00 hingga 16.00 WIB. Kendaraan bermotor hanya boleh masuk pada Senin-Sabtu, sementara mobil hanya boleh masuk hingga pukul 12.00 WIB. Pada hari libur nasional dan Minggu, mobil pengunjung tidak boleh lalu lalang dan akan diarahkan parkir di area yang disediakan.

Baca juga: Mudik dilarang, PHRI terima imbauan negara

Baca juga: Biro perjalanan daring dukung keputusan pemerintah larang mudik

Baca juga: Luhut ungkap syarat buka pintu wisata bagi wisman


 


 

Kebun Raya Bogor
Persyaratan pengunjung yang ingin ke kebun raya Bogor juga serupa dengan syarat di kebun raya Cibodas. Pada akhir pekan dan hari libur nasional, pengunjung bisa datang pukul 07.00 - 16.00 WIB. Anda yang membawa kendaraan harus memarkirnya di area yang disediakan karena kendaraan bermotor hanya boleh masuk ke kawasan setiap Senin hingga Jumat. Kebun raya Bogor bisa didatangi lewat pintu 1 dan pintu 3.

Di kebun raya Bogor, Anda juga bisa melakukan tradisi cucurak, makan bersama di ruang terbuka sebelum bulan puasa dengan paket yang sudah disediakan. Paket seharga Rp60.000 per orang sudah meliputi tiket masuk, tikar piknik dan pilihan makanan.

Ada banyak taman yang bisa disambangi di kebun raya Bogor, diantaranya Taman Teijsmann yang sudah dibangun sejak 1884 dan dekat dengan istana Bogor, juga Taman Orchidarium yang dibuat agar serupa dengan habitat asli tanaman anggrek. Pencinta anggrek bisa mampir ke sini untuk melihat berbagai jenis anggrek yang indah.

Baca juga: Jelang akhir bulan, cek ragam promosi liburan yang menggoda

 
San Antonio, Pantai Indah Kapuk (ANTARA/Nanien Yuniar)


Pantai Indah Kapuk
Penyuka gowes bisa asyik bersepeda di kawasan khusus pejalan kaki dan pesepeda di wilayah San Antonio Pantai Indah Kapuk. Tulisan San Antonio yang berwarna-warni menjadi penanda area yang sungguh asyik untuk berjalan kaki, berolahraga, mengajak hewan piaraan berjalan-jalan atau bersepeda. Di sepanjang jalan, ada banyak kafe dan tempat penyewaan jenis sepeda yang bisa dikayuh sendirian atau bersama-sama.
 
San Antonio, Pantai Indah Kapuk (ANTARA/Nanien Yuniar)


Selain itu, Agung Sedayu Group juga telah meresmikan Pusat Sepeda di Pantai Kita, kawasan seluas 9.941 m2 yang berisi berbagai toko sepeda, lahan parkir sepeda, serta area rekreasi.

“Kami melihat minat bersepeda di Jakarta yang meningkat, terutama ketertarikan para pesepeda dalam menjelajahi kawasan PIK. Hal itu menjadi pendorong bagi kami untuk meningkatkan fasilitas bagi mereka, hingga kami mendedikasikan area khusus di Pusat Sepeda," kata CEO Hotels & Malls Division 2 Agung Sedayu Group Natalia Kusumo dalam siaran resmi.

Tempat ini bisa dicapai melalui jembatan dari pulau tetangganya, Golf Island serta area PIK 2.

Nantinya, kawasan Pantai Kita juga akan dilengkapi dengan area khusus fitness, yoga, hobi bahkan sampai dengan extreme sport yang juga akan dilengkapi dengan restoran dan area rekreasi lainnya.

Meski Anda sudah divaksin COVID-19, saat berada di ruang publik dan kerumunan tetap harus menjalankan protokol kesehatan termasuk senantiasa mengenakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak aman dengan orang lain.

Baca juga: BNI beri diskon dalam Travel Fair 26 Maret-3 April 2021

Baca juga: Traveloka gelar EPIC Sale 2021

Baca juga: Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar