Jakarta (ANTARA) - PT Pertani (Persero) selaku BUMN yang bergerak di bidang pertanian dipercaya untuk memasok benih padi bagi 380 ribu hektare sawah hingga kuartal pertama tahun ini.

“Alhamdulillah hingga maret 2021 ini kami Pertani diberi amanah oleh petani yang tertuang dalam CPCL (Calon Petani Calon Lokasi) melalui E-katalog Benih Padi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP Kementerian Pertanian RI untuk memasok kebutuhan benih padi di beberapa wilayah di Indonesia untuk memakai produk benih inbrida dari Pertani," ujar Direktur Operasional Pertani, Lalan Sukmaya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Kamis.

Menurut Lalan, total permintaan yang telah diterima saat ini sebanyak 9.733 ton untuk luasan lahan sawah 389.348 hektare sawah.

Baca juga: Pertani: "Corporate farming" jagung menjaga kesejahteraan petani

Melalui program E-katalog Benih Padi LKPP Kementerian Pertanian RI, Petani telah meminta PT Pertani (Persero) melalui Kementerian Pertanian untuk memasok benih padi di beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam kaitan permintaan tersebut juga Pertani mendukung penuh atas program ketahanan pangan serta serap gabah yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian RI, serta sejalan dengan arahan Menteri BUMN RI Erick Thohir, bahwa BUMN memiliki kewajiban pelayanan publik khususnya kepada para petani.

Tercatat hingga 31 Maret 2021 atau kuartal pertama BUMN Pertani berhasil mendapatkan kepercayaan untuk memenuhi kebutuhan benih padi inbrida sebanyak 9.733 ton untuk luasan lahan sawah 389.348 hektare sawah.

Baca juga: Pertani dipercaya jadi pemasok benih padi bagi lumbung pangan di NTT

Direktur Operasional Pertani tersebut optimistis pihaknya akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari petani, karena berkaca dari capaian sebelumnya selama tahun 2020 PT Pertani (Persero) berhasil pasok untuk 1 juta hektar lebih sawah atau 28.855 ton dari permintaan E-Katalog Kemenerian Pertanian RI.

Sebagai informasi untuk memenuhi kebutuhan benih padi bantuan pemerintah melalui E-Katalog Kementan, kata Lalan, Pertani tidak mendapatkan previllage, melainkan murni bersaing dengan para produsen yang terdaftar pada E-Katalog Benih Padi Kementerian Pertanian, baik dari sisi harga, kualitas, pelayanan, dan kemampuan distribusi ke titik bagi kelompok tani.

PT Pertani (Persero) merupakan BUMN yang didirikan sejak tahun 1959 sebagai BUMN pionir yang fokus pada sektor pertanian.

Pertani adalah perusahaan perseroan yang bergerak di bidang perbenihan dan perberasan yang memproduksi, mengadakan serta memasarkan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021