jalur sepeda ini akan dibangun di semua pulau di Kepulauan Seribu
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mulai membangun jalur sepeda melingkari Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, untuk memfasilitasi pariwisata bahari di Kepulauan Seribu.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) jalur sepeda di area Kolam Miniatur, Pulau Pramuka pada Jumat.

Baca juga: Ancol luncurkan wahana wisata Kapal Phinisi hingga Kepulauan Seribu

"Luas Pulau Pramuka 16 hektare, dengan groundbreaking ini diharapkan jalur sepeda ini ada di semua pulau di Kepulauan Seribu, dan ini bisa menjadi titik (spot) wisata baru," kata Junaedi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Junaedi didampingi Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu Muhammad Jufri, sebagai perwakilan dari masyarakat Kepulauan Seribu Utara, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepulauan Seribu.

Ia menambahkan Pemkab Kepulauan Seribu memang bertekad membangun jalur lingkar sepeda di seluruh Pulau Kepulauan Seribu.

Baca juga: Dinas SDA DKI kebut pelayanan air bersih untuk Kepulauan Seribu

Apalagi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menyediakan jalur sepeda itu di setiap wilayah lima kota di Jakarta, tercatat hampir 500 kilometer panjangnya.

"Pembangunan jalur lingkar sepeda ini memang sesuai dengan perintah pak Gubernur DKI Jakarta (Anies Baswedan), ada Peraturan Gubernur dan Surat Keputusan Gubernur-nya," ujar Junaedi.

Baca juga: Kepulauan Seribu gunakan lampu jalan hemat energi

Ia berharap jalur sepeda bisa dimanfaatkan oleh anak-anak setempat untuk berolahraga, bahkan nantinya bisa juga direncanakan perlombaan bersepeda juga.

"Jadi kami sudah persiapkan (rencana itu) dan mudah-mudah adanya pembangunan ini, semua bisa berjalan lancar. Mudah-mudahan semua pulau juga dibangun jalur sepeda dengan luas sesuai lingkar pulau, sehingga ada suasana baru dan ikon wisata baru," ujar Junaedi menandaskan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021