Pupuk Indonesia luncurkan Agro Solution genjot produktivitas pertanian

id Pupuk Indonesia,Agro solution

Pupuk Indonesia luncurkan Agro Solution genjot produktivitas pertanian

Panen raya program Agro Solution PT Pupuk Indonesia (Persero) di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (10/12/2020). ANTARA/HO-PT Pupuk Indonesia (Persero)

Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan program Agro Solutiion berupa pendampingan kepada para petani agar bisa menggenjot produktivitas hasil panen dengan ekosistem mulai dari pembibitan hingga panen.

"Program Agro Solution telah dijalankan oleh seluruh anak perusahaan," kata Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Bakir menyebutkan Pupuk Indonesia harus membuktikan bahwa pupuk sebagai salah satu input pertanian sangat berperan dalam memajukan sektor pertanian nasional.

Oleh karena itu, saat ini Pupuk Indonesia gencar mendorong pengenalan produk-produk ritel kepada petani.

Salah satu inisiatif yang dikenalkan oleh Pupuk Indonesia adalah program Agro Solution. Program ini adalah pendampingan kepada petani baik secara on farm maupun off farm untuk memberikan jaminan input, kawalan budi daya, teknologi pertanian, jaminan pembelian hasil panen (off taker), dan asuransi.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan produktivitas. Salah satu konsep program Agro Solution yaitu dengan melibatkan banyak pihak, termasuk perbankan, asuransi, off taker BUMN maupun swasta, serta pemerintah daerah, dan petugas PPL.

Tema “Agrosolusi Untuk Indonesia” yang diusung menjadi komitmen perusahaan untuk menjadi lebih customer centric, mampu mengikuti tren teknologi serta memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Ke depan kami akan memfokuskan program Retail Management, guna memperkenalkan produk-produk nonsubsidi kepada petani,” kata Bakir.

Menurutnya, tidak semua kebutuhan petani tercukupi hanya dari pupuk subsidi, oleh karena itu produk-produk ritel dari Pupuk Indonesia nantinya akan menjadi kunci dalam peningkatan produktivitas pertanian nasional.

Bakir mengatakan digitalisasi di perusahaan juga telah berjalan dengan baik dengan telah diterapkan dalam berbaga aspek operasional perusahaan. Dia menekankan pentingnya efisiensi dalam meningkatkan daya saing perusahaan ke depan.

“Dan semua ini, didukung juga oleh penerapan budaya Akhlak sesuai amanah Kementerian BUMN”, tutupnya.

Memperingati hari ulang tahun ke-9, Pupuk Indonesia berkomitmen mendukung pemerintah untuk memperkuat ekonomi nasional, terlebih di tengah pandemi COVID-19. Salah satu upaya Pupuk Indonesia adalah dengan mengakselerasi program transformasi bisnis.

Baca juga: Pupuk Indonesia jaga Agro Solution melalui penyemprotan hama di Jember
Baca juga: Masuki 2021, Pupuk Indonesia tetapkan lima inisiatif rencana strategis
Baca juga: Agro Solution Pupuk Kaltim tingkatkan produktivitas hingga 80 persen

Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar