Makassar (ANTARA) - Pelaksana tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan Dinas Sosial untuk bergerak cepat dalam penanganan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana akibat cuaca ekstrem yang terjadi di sejumlah daerah.

"Cuaca yang ekstrim membuat pohon tumbang dan merusak rumah warga. Kami sudah instruksikan Dinsos untuk turun membawakan bantuan," kata Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Senin.

Ia juga mengapresiasi langkah tim Social Care (SC) Dinsos Sulsel yang telah turun ke lokasi terdampak bencana.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Sulsel Herman menyampaikan Plt Gubernur juga memberikan pesan agar Dinas Sosial harus hadir dalam setiap kejadian bencana.

"Kita diharapkan memiliki kepekaan untuk peduli kepada masyarakat yang menjadi korban bencana, selalu tanggap, siap siaga, dan segera melakukan tindakan yang diperlukan," ujarnya.

Tim Social Care (SC) Dinsos Sulsel, kata dia, telah berkunjung ke lokasi terdampak angin kencang di Topa, Desa Banrimanurung, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto.

"Teman-teman dari Tagana Jeneponto telah melakukan assesment. Dan kami juga melihat langsung kondisi korban terdampak atas arahan dari Bapak Plt Gubernur. Di sana ada satu rumah rusak berat, dan satu rumah rusak sedang," katanya.

Dinsos Sulsel pekan lalu juga telah berkunjung membawa bantuan di Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Pangkep. Bantuan itu untuk masyarakat yang terdampak angin puting beliung. Sementara bencana banjir di Kabupaten Wajo, Dinsos Sulsel terus berkoordinasi dengan kabupaten dan informasi terakhir banjir telah surut.

Sementara di Bantaeng, terjadi abrasi di pesisir pantai. "Kami terus berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten. Alhamdulillah, bantuan sudah disalurkan kepada korban abrasi pantai," ujarnya.

Dalam rangka percepatan penanganan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Sulsel, pihaknya juga sudah mendistribusikan bantuan logistik ke 24 kabupaten/kota.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat pelayanan ke masyarakat ketika ada bencana. Sehingga, kabupaten/kota sudah siap memberikan bantuan.

"Dinas Sosial Sulsel pun siap mengirimkan bantuan ketika kabupaten/kota meminta tambahan bantuan," jelasnya.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021