Kepulauan Anambas butuh akses dan konektivitas pacu dunia pariwisata

id Anambas butuh pembangunan

Kepulauan Anambas butuh akses dan konektivitas pacu dunia pariwisata

Pelabuhan Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. ANTARA/Ogen

Anambas (ANTARA) - Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris menyatakan daerahnya membutuhkan bantuan Pemprov Kepri untuk meningkatkan akses dan konektivitas dalam rangka memacu dunia pariwisata.

Abdul Haris menyampaikan beberapa proyek jalan dan jembatan, detail engeenering design (DED) sudah ada, namun, terkendala anggaran dalam mewujudkannya.

"Kami perlu bantuan Pak Gubernur Kepri terkait infrastruktur, agar akses dan konektivitas Anambas makin mudah. Sehingga, dapat membuka dunia usaha wisata berkembang pesat," kata Bupati di Anambas, Senin.

Dia merinci beberapa proyek jalan dan jembatan yang sudah selesai DED-nya, antara lain jembatan penghubung Peninting - Konjo, jembatan Air Bini - Penebung dan jembatan Air Asuk serta proyek jalan sepanjang lima kilometer yang menghubungkan Peninting - Payalaman.

Abdul Haris juga menyampaikan persoalan dalam bidang perikanan dan kelautan. Pihaknya mengusulkan pembangunan Balai Pembibitan Benih Ikan di Letung, yang DED dan lahannya sudah disediakan.

"Sebagai daerah penghasil ikan, Anambas selalu minta pasokan benih ikan ke Bali, Aceh dan Sumatera. Kita minta bantu agar Anambas punya balai pembibitan benih ikan sendiri," ujarnya.

Baca juga: Terima hibah tanah, KKP optimalkan Taman Wisata Perairan Anambas Kepri

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad merespon permintaan Bupati Anambas dan berkomitmen memperjuangkan kebutuhan infrastruktur masyarakat Kabupaten Anambas, walaupun belum semuanya dapat terealisasi pada tahun 2021.

"Satu per satu akan coba penuhi sesuai kemampuan anggaran kita. Kalau terlalu besar, tentu kita perjuangkan melalui pemerintah pusat," sebut Ansar saat melakukan kunjungan kerja ke Anambas, Senin.

Untuk proyek jalan penghubung Peninting ke Payalaman sepanjang lima kilometer, kata dia, secara langsung telah meminta bantuan ke Balai Jalan dan Jembatan wilayah Kepri, Kementerian PUPR.

Proyek tersebut, lanjut dia, akan dianggarkan di APBN tahun 2022 sebesar Rp69 miliar.

Sedangkan, pembangunan Balai Pembibitan Benih Ikan di Letung. Dinas Perikanan dan Kelautan akan menghitung kekuatan anggaran Provinsi Kepri.

"Kalau tidak memungkinkan dianggarkan melalui APBD provinsi, akan kita perjuangkan ke pusat. Balai pembibitan benih ikan ini penting karena dalam visi misi kita, Anambas jadi basis industri perikanan," demikian Ansar.

Baca juga: KKP salurkan kapal pengawas untuk kelompok masyarakat Anambas
Baca juga: Dirjen KKP: Ikan kerapu punya nilai ekonomi luar biasa

 


Pewarta : Ogen
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar