Menteri Perdagangan tinjau Pasar Raya Padang fase VII

id menteri perdagangan

Menteri Perdagangan tinjau Pasar Raya Padang fase VII

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (dua dari kiri) meninjau Pasar Raya Padang bersama Plt Wali Kota Padang Hendri Septa (ketiga kiri) di Padang, Selasa (6/4/2021). ANTARA/HO-Pemkot Padang/am.

Padang (ANTARA) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meninjau Pasar Raya Padang fase VII dalam rangka mengecek langsung kondisi bangunan, memantau harga bahan pokok hingga pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pedagang.

"Kementerian Perdagangan berkomitmen melalui dukungan APBN membereskan proses pembangunannya ke depan. Mudah-mudahan setelah Pasar Raya fase VII ini dibenahi akan memperbaiki kegiatan ekonomi Kota Padang," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Padang, Selasa.

Menurut dia pihaknya akan berupaya menyelesaikan segala proses perencanaan pembangunan dan kesiapan anggaran.

"Saya juga akan koordinasikan dengan Menteri PUPR dan Menteri Bappenas. Insya Allah saya akan balik lagi ke Padang akhir Mei 2021 atau setelah Idul Fitri 1442 Hijriah," katanya.

Baca juga: Presiden: Kembangkan pasar produk nasional dengan Gernas BBI

Terkait besar anggaran yang diupayakan serta desain pembangunan gedung Pasar Raya fase VII ia menyampaikan akan mengkaji kembali secara detail.

"Setelah semuanya disiapkan, diharapkan pembangunannya bisa dilaksanakan di tahun depan. Saya akan membantu untuk urusan administrasi di pusat. Pemkot Padang juga diharapkan dapat membereskan aturan dan penataannya," ujarnya.

Sewaktu melakukan peninjauan harga bahan pokok Lutfi mendapatkan stok kebutuhan pokok aman dan cukup dan harganya relatif stabil.

"Harga beras saat ini stabil, sementara harga gula naik sedikit, minyak goreng juga, yang lain stabil," kata dia.

Baca juga: Mendag RI tinjau wahana wisata baru di Pantai Air Manis Padang

Mendag juga memberikan apresiasi kepada Pemkot Padang yang dinilai berhasil melakukan vaksinasi kepada 4.000 pedagang di Pasar Raya Padang.

"Capaian ini patut kita apresiasi karena hampir mencapai target. Atas nama Pemerintah Pusat kami berterima kepada jajaran Pemkot Padang," katanya.

Sementara Plt Wali Kota Padang Hendri Septa berharap Menteri Perdagangan bisa mencarikan solusi terhadap pembangunan Pasar Raya Padang fase VII.

Menurut Hendri yang terpenting saat ini adalah bagaimana mencarikan solusi terbaik bagi kemajuan pasar dan pedagang yang berjualan di fase VII Pasar Raya Padang.

Ia mengatakan Pemko Padang sudah lama mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan fase VII tersebut.

"Termasuk mengajukan permohonan bantuan ke Pemerintah Pusat, namun belum jebol juga. oleh sebab itu dengan kunjungan pak Mendag kali ini semoga ada solusi," katanya.

Hendri menyampaikan pihaknya telah menyerahkan proposal permohonan pembangunan Pasar Raya fase VII ini senilai lebih kurang Rp200 miliar.

Kita berharap jika terwujud nantinya, di samping fase VII dibenahi kalau bisa juga dibangun terminal di lantai bawah gedung. Sehingga lalu lintas pun menjadi teratur dan pedagang bisa berjualan dengan tertib ," kata dia.

 

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar