Pemkot Malang pastikan vaksinasi tetap dilaksanakan saat Ramadhan

id Vaksinasi,Vaksinasi COVID-19,Vaksinasi Kota Malang,Vaksinasi Saat Puasa,Kota Malang

Pemkot Malang pastikan vaksinasi tetap dilaksanakan saat Ramadhan

Petugas medis menyiapkan vaksin COVID-19 sinovac biofarma sebelum disuntikkan pada lansia di layanan vaksinasi tanpa turun atau drive thru di Tarekot Malang, Jawa Timur, Kamis (1/4/2021). Layanan vaksinasi drive thru tersebut diadakan untuk memudahkan masyarakat dalam menerima vaksin sekaligus meningkatkan capaian target vaksinasi. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang memastikan vaksinasi COVID-19 tetap dilakukan saat Ramadhan, yang diperkirakan jatuh pada pertengahan April 2021, dalam upaya menciptakan kekebalan kelompok dari virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan bahwa di Kota Malang, vaksinasi COVID-19 tahap kedua, akan tetap dilakukan pada bulan Ramadhan, sesuai dengan instruksi dari Kementerian Kesehatan.

"Kami meneruskan instruksi dari Kementerian Kesehatan, untuk bulan puasa, vaksinasi tetap dilaksanakan," kata Husnul di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa.

Baca juga: Kota Malang siap percepat vaksinasi COVID-19

Husnul menjelaskan pada bulan puasa tersebut, vaksinasi di Kota Malang masih dilakukan untuk tahap kedua, yakni bagi para pelayan publik, dan warga yang masuk dalam kategori lanjut usia.

Menurut Husnul, saat ini di Kota Malang, belum seluruh petugas pelayan publik dan para lansia telah menjalani vaksinasi COVID-19. Oleh karena itu, pelaksanaan vaksinasi pada bulan Ramadan akan terus dilakukan di fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Malang.

"Saat ini masih tahap dua, untuk pelayan publik, dan lansia, belum seluruhnya. Untuk pelaksanaan vaksinasi pada saat Ramadan, dilakukan di faskes yang ada," katya Husnul.

Baca juga: Kota Malang dapat tambahan 29 ribu dosis vaksin COVID-19

Kementerian Kesehatan bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan ibadah puasa dan aman untuk dilakukan. MUI sendiri, telah mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 13/2021 Tentang Hukum Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa.

Dalam fatwa itu, dijelaskan bahwa vaksinasi COVID-19 dengan injeksi intramuskular (disuntik) tidak membatalkan puasa. Hukum melakukan vaksinasi bagi umat Islam yang sedang berpuasa dengan injeksi intramuscular adalah boleh, sepanjang tidak menyebabkan bahaya.

Baca juga: Komunitas "Juleha" Malang Raya opimalkan stok daging aman sehat halal

Tercatat, di Kota Malang hingga 1 April 2021 tercatat ada sebanyak 96.615 orang yang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Dari total tersebut, terbagi 32.850 merupakan tenaga kesehatan, 58.188 pelayan publik, dan 5.577 lansia yang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Kota Malang memulai pelaksanaan vaksinasi sejak 28 Januari 2021.

Hingga saat ini di Kota Malang, tercatat secara keseluruhan ada sebanyak 6.299 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 5.625 orang dilaporkan telah sembuh, 569 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Baca juga: RSUD Kanjuruhan Malang jadi jejaring Rumah Sakit Jantung Harapan Kita


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar